Friday, September 13, 2013

Mengenal Alam Tamanjaya

halo plh Indonesia, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang alam Tamanjaya. Waktu nonton acara Paradiso di TV beberapa bulan lalu, settingnya mengambil tempat di Sukabumi. Pembawa acaranya berada di depan air terjun yang lebar.
Berhubung tidak ingat nama air terjunnya, dicarilah info di internet dan mulai berkenalan dengan tempat yang belum pernah saya datangi, bernama Tamanjaya.
Tamanjaya ini tampaknya kurang populer dan situs Pemkab Sukabumi saat ini pun belum memasukkannya dalam daftar tempat wisata. Pengetahuan tentang tempat ini lebih banyak saya peroleh dari situs lokal seperti SMPN 1 Ciemas.
Di mana itu Tamanjaya?  Letaknya belasan kilometer di sebelah barat Jampang Kulon, sebuah kecamatan di jalur Sukabumi – Surade  kalau pergi ke Ujung Genteng. Di kawasan ini mengalir sungai Cileutuh yang lebar, dengan beberapa air terjun vertikal di patahan tebing dasar sungainya. Foto-foto yang menarik dapat dilihat di galeri Iqbal Luthfi, salah satunya ditampilkan di atas.
Beberapa lokasi menarik di Tamanjaya dan Ciwaru
Keterangan lokasi :
  1. Curug Awang (Tamanjaya)
  2. Jembatan dan bendungan (Tamanjaya)
  3. Curug Tengah (Tamanjaya)
  4. Curug Puncak Manik (Tamanjaya)
  5. Panenjoan (Tamanjaya)
  6. Muara Cileutuh (Ciwaru)
  7. Curug Cimarinjung (Ciwaru)
Menelusuri Sungai Cileutuh yang berliku-liku dari Google Map, bisa diamati dengan jelas air-air terjun di sepanjang alirannya.
Silakan dibandingkan lebar sungai dengan panjang garis skala di pojok kiri gambar-gambar berikut ini.


Curug Awang

Jembatan, bendungan dan saluran irigasi

Jembatan itu mungkin dapat dijadikan patokan, ke arah hulu akan bertemu Curug Awang, ke hilir bertemu Curug Tengah dan Curug Puncak Manik. Selain hutan dan persawahan, sepertinya ada perkebunan (kelapa sawit?) di sebelah utara Curug Tengah, tampak dari jarak tanam pohon-pohonnya yang teratur. Warna jalannya yang coklat, mungkin saja adalah jalan tanah atau aspal berbatu.


Curug Tengah dan Curug Puncak Manik

Waktu setengah hari boleh jadi kurang untuk berjalan kaki hingga ke dasar air-air terjun ini.
Seandainya mau berpetualang seharian penuh, mampir di Panenjoan yang letaknya di atas tebing, menikmati panorama di pinggir ngarai yang memanjang dari Tamanjaya hingga teluk Cileutuh di arah barat laut.
Setelah itu mencari jalan turun ke desa Ciwaru di dasar lembah hingga ke bibir pantai di teluk yang tenang.
Selain sungai Cileutuh, sungai Cimarinjung pun bermuara ke sini.  Air sungai yang melintasi dinding ngarai, jatuh membentuk air terjun seperti Curug Cimarinjung dan Cikanteh.

Teluk Cileutuh dari atas tebing, foto diambil dari album Dedi Suhendra di panoramio.com

Saya tidak yakin apa ada penginapan di sini, mungkin harus mendirikan tenda dulu sebelum menikmati sunset di balik lautan (sumber)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Alam Tamanjaya Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad