Monday, September 2, 2013

Menunggu sunset di Air Terjun Toroan

Satu lagi keindahan yang layak dilihat, air terjun yang mengalir ke laut di Pulau Madura.
Air Terjun Toroan, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Foto: Wego Photo Contest/Henry Tanojo
Objek wisata ini bernama Air Terjun Toroan. Letaknya di Desa Ketapang Daja, Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Atau 105 kilometer dari Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur.
Ada banyak angkutan umum menuju Desa Ketapang, sehingga akses menuju objek wisata air ini relatif mudah. Apalagi air terjun letaknya tidak jauh dari jalan raya. Dari lokasi parkir di Desa Ketapang Daja, wisatawan bisa berjalan kaki untuk menyusuri jalur setapak curam menuju pantai. Panjang setapak sekitar 50 meter.
Dari dekat, Toroan tampak indah. Air yang mengalir dari tebing setinggi 20 meter langsung terjun ke Laut Jawa. Ada banyak pohon rindang untuk berteduh di area ini dan kawasan sekitar juga masih tampak alami. Batu-batu besar menjadi pembatas alam yang menghalau ombak laut. Wisatawan bisa bersantai sambil menunggu matahari terbenam.
Air Terjun Toroan pantas disebut sebagai surga tersembunyi di Pulau Garam Madura. Apalagi saat ini objek wisata Air Terjun Toroan memang belum tergarap maksimal. Fasilitas pendukung objek wisata absen. Wisatawan yang berkunjung akan kesulitan mencari toilet dan fasilitas pendukung lainnya. Hotel, penginapan dan restoran juga belum ada.


Beberapa referensi juga menyebutkan banyaknya perampasan dan penjarahan di sekitar sini tapi untungnya saya tidak menemui hal itu. Sepanjang ga kesini sendirian sih saya rasa masih cukup aman mengingat banyaknya penambang pasir di sekitar sini. yah daripada panjang lebar cekidot deh foto2nya.



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menunggu sunset di Air Terjun Toroan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad