Tuesday, December 10, 2013

Berkunjung Ke Pantai Amal Tarakan Kalimantan Timur

Pantai ini berada di Kota Tarakan dan merupakan nama salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal sebagai salah satu sumber minyak terbesar di Indonesia. Pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dengan jarak tempuh kurang lebih 11 km dari pusat kota dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Pantai Amal Tarakan sering dikunjungi berbagai lapisan masyarakat untuk sekedar refreshing menikmati keindahan pantai sambil bercengkerama atau melepas lelah sehabis bekerja dan beraktifitas. Jadi sekalipun bukan masa liburan, pantai ini tetap ramai dikunjungi dan menjadi salah satu pantai kebanggaan masyarakat Tarakan.

Pantai Amal Tarakan juga bisa disebut Pantai Amal Baru Tarakan tidak termasuk pantai berpasir putih seperti pantai di beberapa kawasan wisata di pulau Bali maupun pantai Indonesia lainnya. Namun, memiliki pesona pariwisata yang layak menjadi target dalam daftar kunjungan wisata Anda. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alam akan tampak secara jelas di pesisir pantai kawasan ini.

Pesisir Pantai Amal Tarakan - Kalimantan Timur : Pantai Amal Tarakan Kalimantan Timur

Keindahan Pantai Amal Tarakan - Kalimantan Timur : Pantai Amal Tarakan Kalimantan Timur

Tarakan sendiri menurut cerita rakyat berasal dari bahasa tidung “Tarak” yang artinya bertemu dan kata “ngakan” yang artinya makan. Secara harfiah dapat diartikan tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain. Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau.

Saat ini Pemerintah Kota Tarakan sedang mengadakan perluasan pantai, dengan perencanaan menjadikan Pantai Amal menjadi kawasan Mini Ancol di wilayah utara Kalimantan Timur. Saat ini Pemerintah Kota Tarakan sedang mengadakan perluasan pantai, dengan perencanaan menjadikan pantai Amal menjadi kawasan Mini Ancol di wilayah utara Kalimantan Timur.

Transportasi

Penerbangan ke Juata Tarakan tersedia melalui Batavia Air dan Sriwijaya Air. Dari Bandara Anda dapat menggunakan taxi atau angkutan umum untuk menuju Pantai Amal Tarakan. Pantai Amal tarakan berjarak 11 km dari pusat kota sekitar 20 menit melewati jalanan yang turun naik untuk mencapai Pantai Amal. Tentunya Anda tidak akan sulit untuk menuju ke Pantai Amal, Anda bisa bertanya ke penduduk sekitar atau menggunakan jasa travel. Anda juga dapat menggunakan transportasi laut yaitu menggunakan speedboat dan transport laut lainnya.


Aktivitas Wisata

Pantai Amal menjadi tempat rekreasi yang paling menyenangkan di akhir pekan atau liburan. Mulai dari tempat berkumpul keluarga, bermain bola bersama teman, hingga menikmati pemandangannya yang akan membuaikan Anda.

Nikmati sepuasnya langit biru membentang jernih dengan iringan awan yang indah. Saat yang paling indah menikmati pantai ini adalah melihat matahari terbit. Di sini pasir pantainya berwarna coklat dan ombaknya juga tidak terlalu besar

Di malam hari ada banyak temapt hiburan malam di Kota Tarakan. Didominasi karaoke dan billyard, menjadikan Tarakan menjadi kota yang penuh hiburan malam.

Pantai ini merupakan pelengkap dari pantai Amal di Tarakan, karena dari pantai ini Anda dapat menikmati pemandangan terbenamnya matahari di ujung horizon seperti di Pantai kuta Bali. Sedangkan di Pantai Amal Anda puas menikmati panorama saat matahari terbit. Pantai ini terletak di Kelurahan Juata Laut, Tarakan.

Tarakan terkenal sebagai pusatnya produk-produk Malaysia di Kalimantan Timur. Di sini kita bisa menjumpai segala macam produk Malaysia, mulai dari pakaian sampai dengan makanan. Untuk berburu oleh-oleh di Tarakan tidaklah sulit, karena terdapat cukup banyak toko yang bisa Anda datangi. Di antaranya adalah Golden Plaza, Toko Milo, Galaxi, Setia Budi, atau Toko Sinar Terang Bersaudara (STB) yang berada di kawasan Jalan Kusuma Bangsa.

Biasanya yang paling sering diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh adalah coklat, Anda bisa berkunjung ke Toko Milo, tersedia beragam bentuk dan merk coklat yang hampir seluruhnya produksi Malaysia dengan harganya cukup murah. Di sini Anda juga mendapatkan fasilitas khusus yakni pembungkusan gratis yang cantik.

Beberapa oleh-oleh dapat Anda pilih ketika Anda berkunjung ke Tarakan. Salah satunya adalah ikan asin yang dapat Anda jadikan buah tangan untuk sanak saudara Anda. Beberapa pilihan ikan asin seperti ikan asin ikan kakap, ikan gabus, ikan asin senangin dan ikan asin tengiri menjadi primadona.



Harga ikan asin sangat bervariasi, tergantung ikan apa yang dijadikan ikan asin tersebut. Untuk ikan asin gabus biasanya Rp20.000,00 – Rp40.000,00 untuk ikan asin tengiri Rp15.000,00 – Rp30.000,00 per bungkus. Berkunjunglah ke kawasan Jalan Yos Sudarso No. 33 maka Anda akan menjumpai sebuah toko yang bernama D3nshop yang khusus menjual berbagai macam produk ikan asin.

Kuliner

Pada hari libur kawasan ini merupakan obyek wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan, karena selain memberikan suasana obyek wisata bahari yang indah juga merupakan obyek wisata kuliner khususnya kuliner khas laut, seperti kerang berjenis Kapah dan di Kalimantan Timur kerang ini hanya ada di pantai Amal Tarakan, temberungun, udang laut, ikan kering Pepija dan beberapa jenis ikan laut lainnya, tidak ketinggalan pula kawasan pantai Amal para pedagang menyediakan kelapa muda dan buah terap yang menjadi khas pantai Amal.

Pantai Amal menyajikan kuliner-kuliner yang menggiurkan, paling terkenal adalah keppa yaitu masakan kerang di padu sambal khas yang akan membuat Anda ketagihan. Cicipi juga menu udang dan gorengan ala Pantai Amal.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berkunjung Ke Pantai Amal Tarakan Kalimantan Timur Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad