Tuesday, December 10, 2013

Warung Mbok Yem, Penyedia Makanan di Puncak Gunung Lawu

Mendaki gunung selalu identik dengan aneka perbekalan atau logistik untuk keperluan makan atau sekedar isi perut dan menyibukkan mulut. Tetapi ada satu cerita lain apabila Anda mendaki gunung ini, yakni Gunung Lawu di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur yang menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki.

Walaupun tentu dengan peraturan yang ketat, tetapi tidak menghalangi niat pendaki untuk mencoba menggapai puncak Gunung Lawu. Selain aturan tersebut, masih banyak cerita yang terpendam yang mungkin saja tidak kita ketahui disana. 

Terkadang ada ucapan: Jangan membawa uang banyak dalam pendakian dan di tengah gunung. Ucapan tersebut kini salah. Justru bawalah bekal uang untuk berbelanja aneka makanan dan minuman di gunung ini.

Adalah Mbok Yem yang merupakan pencari akar - akaran ramuan jamu, kini memutuskan mendirikan warung di puncak Lawu yang mempunyai ketinggian 3.256 meter dari permukaan laut. Terkait penerangan pada malam hari warung Mbok Yem mengunakan generator listrik berbahan bakar bensin.


Hingga saat ini, usaha warung Mbok Yem masih tetap berjalan. Bahkan karena lokasi yang strategis dan kebetulan berdiri berdekatan dengan Hargo Dalem yang sering digunakan oleh sebagian pendaki yang memiliki tujuan bersembahyang meminta petunjuk dari Yang Maha Kuasa.

Warung dengan ukuran 15 X 10 meter mampu menampung kurang lebih 100 pendaki yang ingin istirahat. Jadwal belanja untuk kebutuhan warung, biasanya dilakukan sebelum hari libur atau hari biasa.

Menyajikan kopi panas menjadi salah satu layanan untuk pendaki yang membutuhkan kehangatan disaat sisa logistik mereka habis maupun sekedar berbagi rasa dengan sang penjual.

Warung Mbok Yem menu makanan yang di jual diantaranya nasi pecel, mie rebus, teh, kopi panas, serta jajanan kecil lainnya.Mbok Yem sendiri, sudah kurang lebih 5 tahun ini jarang turun, dia lebih tinggal di atas, terkadang turun hanya 2 sampai 3 bulan.   

Inilah hidup yang harus ia jalani, kendati demikian ia tetap berusaha baik dan harus menjadi contoh bagi para pendaki untuk tetap menjaga kebersihan dan lingkungan alam gunung Lawu.

www.belantaraindonesia.org
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Warung Mbok Yem, Penyedia Makanan di Puncak Gunung Lawu Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad