Tuesday, November 4, 2014

Indonesia Bagus - Pulau Seram

Indonesia Bagus - Pulau Seram
Pulau Seram terletak di sebelah utara Pulau Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia. dengan di berlakukannya UU Pemekaran, saat ini di Pulau Seram telah di mekarkan dua Kabupaten diantaranya Kabupaten seram Timur dengan ibu Kotanya Bula,Kabupaten Seram Bagian Barat dengan Ibu Kotanya Piru dan Kota utamanya ialah Masohi, ibukota dari kabupaten Maluku Tengah. Di pulau ini terdapat beberapa pelabuhan: Amahai, Masohi, Kairatu,Piru dan pelabuhan rakyat seperti Tehoru, Bula, Geser, Wahai, Kobisadar dan Way ley.

Pulau Seram memiliki wilayah seluas 18.625 km2 , dengan panjang 340 km dan lebar 60 km. Titik tertingginya ialah Gunung Binaiya, setinggi 3.019m di atas permukaan laut.

Pulau Seram memiliki alam pegunungan dan hutan tropis. Produk-produk yang dihasilkan antara lain cengkih, pala, kopra, damar, sagu, ikan, dan minyak. Terdapat satu taman nasional yaitu Taman Nasional Manusela yang terkenal karena banyak hewan dan tumbuhan endemiknya. Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh melalui Desa Yaputih atau Hatu di Kecamatan Tehoru, kurang lebih 100km dari Masohi. Bisa juga melalui Desa Wahai, dibagian Seram Utara, yang rutenya melewati beberapa desa yaitu Hoaulu, Kanikeh, dan desa-desa kecil lainnya.



Published on Oct 8, 2013
Program feature dokumenter yang tidak hanya menampilkan keindahan alam Indonesia tetapi juga keunikan kehidupan berbudayanya. Program ini menampilkan penduduk asli daerah tersebut sebagai narator sekaligus pembawa cerita.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Indonesia Bagus - Pulau Seram Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad