Monday, November 17, 2014

Menengok Bendungan Gantung Yang Jadi Tempat Wisata Di Belitung

Lokasi : Bendungan Gantung - Belitung
Selain menyaksikan SD Muhammadiyah "Laskar Pelangi, wisatawan yang bepergian ke Pulau Belitung dapat melihat-lihat bendungan besar.

Bendungan pice ini terletak di Desa Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur. Bendungan Pice Belitung Timur terletak tidak berjauhan dengan Lokasi SD Laskar Pelangi dan Galery Laskar Pelangi yang masih berada di Desa Lenggang,Kecamatan Gantung,Kabupaten Belitung Timur.

Bendungan Pice merupakan bangunan peninggalan Belanda, sehingga kini bangunan ini di jadikan sebagai objek Wisata Belitung, yaitu wisata sejarah bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat kota gantung itu sendiri.

Menurut sejarah, namanya di ambil dari nama seorang arsitek berkebangsaan Belanda, yaitu Sir Vance.Bangunan tua bersejarah ini di bangun pada tahun 1934 sampai tahun 1936 dengan memilik panjang sekitar 50 meter, dan memilik pintu dengan ukuran 2,5 meter yang masing-masing pintu tersebut berfungsi sebagai media keluarnya air yang berketinggian 10 meter. Pada tahun 2006 lalu, bendungan tersebut pernah direhabilitasi.

Bangunan yang berdiri di atas hulu sungai lenggang ini, pada zaman Belanda di pergunakan sebagai pengatur tinggi rendahnya permukaan air, guna mempermudah sistem kerja kapal keruk untuk melakukan eksplorasi timah.

Lokasi : Bendungan Gantung - Belitung
Kini Bendungan Pice tak berfungsi seperti sediakala.Namun setidaknya bangunan tua yang masih berdiri kokoh ini bisa menjadi bukit sejarah,bahwa dulu bangsa belanda pernah eksis di Pulau Belitung. Saat ini air bendungan dipergunakan untuk mengairi sawah seluas 4.388 hektar.

Yayan Ban,warga Air Seruk Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung mengungkapkan Bendungan Pice Besar di Desa Gantung, Belitung Timur merupakan peninggalan  zaman Belanda.

Lokasi : Bendungan Gantung - Belitung
"Ini salah satu cagar budaya dan merupakan peninggalan Belanda. Bendungan Pice dibangun tahun 1933," ungkap Yayan kepada bangkapos.com, Sabtu (30/6/2012).

Untuk itu kata Yayan bendungan ini mesti dijaga dan dirawat. Apalagi tidak sedikit wisatawan yang datang ke Desa Gantung selain melihat SD "Laskar Pelangi" juga berkunjung ke bendungan ini.

"Rasanya tidak lengkaplah kalau sudah berkunjung ke SD Laskar Pelangi, tidak mengunjungi Bendungan Pice Besar," ujar Yayan yang datang ke bendungan ini bersama keluarganya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Bendungan Gantung Yang Jadi Tempat Wisata Di Belitung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/