Sunday, March 29, 2015

Mengenal Museum Batak, Balige

Lokasi : Museum Batak, Balige
Museum Batak Balige didirikan oleh TB Silalahi pada Februari 2010 dan resmi dibuka Presiden SBY pada 18 Januari 2011. Terdiri dari 3 lantai Museum Batak setidaknya menyimpan dan memamerkan lebih kurang 1.000 koleksi artefak dan peninggalan sejarah 6 puak Batak. Yakni Batak dari Karo, Toba, Simalungun, Pakpak, Angkola, dan Mandailing.

Gedung dan interior Museum Batak dibuat dengan konsep futuristik namun dibalut ukiran gorga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesan kuno namun tetap mengimbangi dengan nuansa tradisionil yang kental pada desain. 

Museum Batak, Balige
Lokasi Museum Batak yang terletak di Komplek TB Silalahi Center di Desa Soposurung Balige ini memang diberi kekayaan khazanah alam yang memesona pengunjung. Hamparan danau Toba dan lanskap Balige terlihat jelas jika kita naik ke lantai 2 dan 3 gedung.

Museum Batak memberi kesejukan bagi minimnya perhatian dan terobosan terhadap pelestarian dan pemanfaatan koleksi kekayaan budaya dan sejarah etnik di tanah air. Diharapkan dengan adanya Museum Batak ini banyak artefak dan pustaha Batak yang disimpan oleh perpustakaan dan kolektor luar negeri bisa kembali ke tanah batak dan bisa dinikmati oleh generasinya di tanah air

Alamat Museum Batak:
Kompleks TB Silalahi Center
Jl. Pagar Batu No. 88 Balige
Toba Samosir
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Museum Batak, Balige Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/