Tuesday, April 7, 2015

Menikmati Indahnya Pemandangan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo

Lokasi : Permandian Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Objek wisata Air Terjun Madakaripura berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Jaraknya hanya sekitar 45 menit dari Desa Cemoro Lawang di Gunung Bromo. Ia terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lombang, Kabupaten Probolingo di salah satu jalur utama menuju kawasan TNBTS. Kendaraan pribadi jadi pilihan paling tepat untuk mencapai lokasi air terjun karena letaknya yang jauh dari jalan utama.

Obyek wisata Air Terjun Madakaripura terletak tidak jauh dari Gunung Bromo. Berada di kaki bukit Pegunungan Tengger tepatnya berada di Desa Sapih, Kabupaten Lombang, Jawa Timur. Jika anda berangkat dari Kota Surabaya, untuk mencapai Air Terjun Madakaripura ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Lokasi air terjun ini  memang agak tersembunyi sehingga untuk mencapai ke obyek wisata Air Terjun Madakaripura ini memerlukan perjuangan yang keras. Anda harus berjalan melewati bebatuan dan juga mengarungi sungai.

Lokasi : Permandian Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Jika anda sudah sampai di pintu masuk air terjun, sebuah patung Patih Gajah Mada dalam posisi duduk akan menyambut kedatangan anda. Oleh penduduk setempat, kawasan Air Terjun Madakaripura ini diyakini sebagai tempat meditasi terakhir Patih Gajah Mada pada masa pemerintahan kerajaan Majaphit, sehingga kawasan ini cukup dikeramatkan. Biasanya ada beberapa penduduk yang masih percaya dengan ritual meditasi di sekitar air terjun ini, terutama pada saat malam 1 Muharram.

Perjalanan anda tidak cukup sampai di depan patung Gajah Mada ini, anda masih harus melanjutkan perjalanan lagi untuk mencapai titik Air Terjun Madakaripura. Selama di perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Pemandangan Air Terjun Madakaripura akan tampak dari kejauhan. Pesona seperti ini memang sungguh tidak bisa digambarkan dengan kata-kata, begitu indah dan menyejukkan hati.

Lokasi : Permandian Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Mendekati titik air terjun, butiran-butiran air terjun akan membasahi tubuh anda, oleh karena itu sebelum sampai di titik Air Terjun Madakaripura disarankan anda untuk membawa jas hujan. Tapi bagi anda yang tidak sempat atau lupa bawa jangan khawatir, di sini juga ada banyak jasa penyewaan payung atau plastik untuk melindungi anda dan barang bawaan dari butiran air terjun yang menerpa.

Begitu anda sampai di depan Air Terjun Madakaripura, amazing, sungguh menakjubkan pemandangan air terjun yang tinggi ini. Air terjun dengan tinggi 200 meter ini diklaim sebagai air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di kawasan Danau Toba. Pemandangan air terjun nan megah ini sungguh akan memuaskan dan menyejukkan mata anda.

Lokasi : Permandian Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Air Terjun Madakaripura dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Jika kita memandang ke atas ke sumber air terjun maka tampaklah bahwa air terjun ini berada di sebuah tabung raksasa dengan sisi-sisi tebing tinggi. Cahaya matahari yang menyorot ke air terjun atau ke lumut di dinding tebing akan menjadikan pesona tersendiri Air Terjun Madakaripura, karena kadang dari cahaya matahari ini terbentuk sebuah pemandangan pelangi yang begitu indah.

Lokasi : Permandian Air Terjun Madakaripura di Probolinggo
Di kaki tempat jatuhnya butiran air terjun ini anda akan disuguhi kolam yang cukup lebar yang berwarna kehijauan. Anda bisa menghabiskan waktu berenang di kolam yang tidak terlalu dalam ini. Jangan lupa untuk mengabadikan pesona indah ini dalam sebuah foto ataupun rekaman video agar perjalanan anda untuk sampai ke air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini tidak sia-sia
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Pemandangan Air Terjun Madakaripura di Probolinggo Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/