Wednesday, May 27, 2015

Inilah Hal Penting Saat Mendaki Gunung

Sobat Mapala PLH Indonesia
Masih sangat ingat tentunya dengan peristiwa jatuhnya pendaki dari Universitas Atmajaya Yogyakarta ke dalam kawah Merapi pada hari Sabtu 16 Mei 2015. Peristiwa tesebut seolah menjadi semacam peringatan bagi para pendakinya, bahwa gunung itu memang indah, tetapi ada bahaya yang bisa mengancam siapa saja. karena itu, cobalah perhatikan 4 hal penting berikut ini saat mendaki gunung.

Pertama, naik gunung itu ada aturannya. Harus bawa ini, harus bawa itu. Harus lewat jalur sini, harus lewat jalur situ. Ini yang pertama kali harus ditaati. Aturan - aturan tersebut diberikan oleh para Kepolisian Hutan atau dari pihak Balai Taman Nasional setempat. Bahkan, terdapat pula aturan yang berasal dari masyarakat dan orang - orang tertentu seperti kuncen.

Kedua adalah mengikuti perintah Kepolisian Hutan atau dari pihak Balai Taman Nasional setempat. Merekalah petugas yang mengerti tentang kondisi pendakian dan titik - titik yang dianggap berbahaya. Imbauan dan larangan yang diberikannya, tak bisa ditawar!

Ketiga yang harus diingat pendaki saat mendaki gunung adalah soal waspada. Perhatikan pijakan kaki, kondisi cuaca dan medan perjalanan. Anda harus tahu, sampai mana batas kemampuan diri untuk melewati rintangan yang ada di depan.

Harus tahu juga sifat gunung yang didaki seperti apa. Kalau Gunung Merapi, itu gunung aktif sehingga kawah dan puncaknya berbahaya. Kita harus selalu waspada dan tahu tempat - tempat mana saja yang disinyalir berbahaya.

Terakhir, hormati alam. Bagaimanapun juga, gunung itu salah satu kuasa Tuhan yang benar - benar terasa kebesarannya. Banyak yang bilang "alam liar" , tapi kenyataannya memang begitu. Jangan semau kita, kita sudah datang tak di undang, menginjaknya, mengotorinya. Hormati alam dan gunung.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Hal Penting Saat Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/