Tuesday, May 12, 2015

Mendaki Gunung Merbabu Lewat Jalur Selo

Pintu masuk Jalur Pemda Kian Selo
Gunung Merbabu menawarkan sensasi pendakian yang harus dicoba. Dari beberapa jalur pendakian, jalur Selo tampaknya menjadi favorit para pendaki. Titik awal pendakiannya ada di Boyolali, Jawa Tengah. Coba daki Merbabu lewat jalur Selo ini. Jalur yang dianggap paling panjang. Namun ada pemandangan yang sangat indah yang telah menanti. Gagahnya Gunung Merapi, serta pemandangan seluruh Selo terlihat dari sini.

Jalur Selo memiliki 5 pos yaitu Pos 1 ( Dok Malang ), Pos 2 ( Pandean ), Pos 3 ( Watu Tulis ), Pos 4 ( Sabana 1 ) dan Pos 5 ( Sabana 2 ). Dari Sabana 2 menuju Puncak Merbabu membutuhkan waktu 1,5 jam. 

Dimulai dari Pasar Selo Boyolali tepat di depan Kepolisian Sektor Selo ( Polsek Selo ). Di Polsek Selo, sebaiknya mengisi buku pendaftaran pendaki dengan menuliskan nama, asal dan nomor yang bisa dihubungi. Polisi yang bertugas di sini ramah dan asik diajak ngobrol. Jadi jangan sungkan untuk bertanya – tanya mengenai kondisi terkini di sekitar sana.

Dari Polsek menuju Basecamp Selo yang merupakan titik awal pendakian yang masih berjarak sekitar 3 Km lagi. Jika pergi dengan rombongan, maka bisa menyewa mobil bak terbuka yang seringkali lewat melintasi jalan Selo. Sedangkan jika hanya seorang atau berdua, bisa naik ojek dengan ongkos sebesar 15 ribu per orang.

Untuk jalur Selo terdapat 3 Basecamp yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat setelah perjalanan panjang, sekaligus mendaftarkan diri atau kelompok dan membayar retribusi masuk Taman Nasional Gunung Merbabu. Setelah itu, barulah bisa memulai pendakian melalui jalur Selo.

Dari Basecamp menuju puncak Merbabu dibutuhkan waktu sekitar 6 - 7 jam. Tertarik mencoba? Angkat ranselmu dan pastinya Anda tidak akan menyesal mendaki Merbabu lewat jalur Selo karena pemandangannya sangat indah
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mendaki Gunung Merbabu Lewat Jalur Selo Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/