Wednesday, August 5, 2015

Menyusuri Masjid Azizi "Cuplikan Siaran Azan Magrib Di Tivi"

Masjid peninggalan Kesultanan Langkat yang berada di kota Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang merupakan ibukota kesultanan Langkat di masa lalu. Masjid ini terletak di tepi jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Medan dengan Banda Aceh.

Yang menjadi ciri khas bangunan dari masjid Azizi ini adalah ornamen warna khas Melayu Islam yaitu kuning. Serta arsitektur bangunan fisik kubah dan menara yang dilihat dari luar tampak seperti bangunan masjid Islam di India. 

Sementara arsitektur dalam masjid tampak seperti bangunan masjid pada masa Ottoman Turki yang dipenuhi tulisan kaligrafi Arab pada dinding-dinging tembok masjid.

Pada sisi barat di luar bangunan masjid Azizi terdapat makam para sultan Langkat yaitu Sultan Musa, Sultan Abdul Azizi dan Sultan Mahmud, serta makam guru ngaji para sultan Langkat yaitu Sjech Muhammad Yusuf. 

Selain itu terdapat juga makam dari pujangga dan pahlawan nasional Tengku Amir Hamzah. Pada sisi timur bagian luar masjid terdapat bangunan madrasah dan perpustakaan Tengku Amir Hamzah yang mengoleksi hasil karya sang pujangga. 

Di sisi luar bagian selatan masjid adalah pintu masuk yang menghubungkan dengan rumah dari kerabat para Sultan, yang kini bergabung dengan rumah para warga. Sementara sisi luar bagian utara menjadi pintu masuk utama yang menghadap ke jalan besar Tanjung Pura yang menghubungkan propinsi Sumatera Utara dengan Aceh. Bambang

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menyusuri Masjid Azizi "Cuplikan Siaran Azan Magrib Di Tivi" Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/