Monday, October 12, 2015

Menengok Icon Wisata Jambi "Gentala Arasy"

Gentala-Arasy-Jambi
Gentala Arasy adalah salah satu tempat wisata menarik yang ada di Kota Jambi adalah Jembatan Gentala Arasy. Meskipun masih terbilang baru, tempat ini merupakan salah satu tempat yang dijadikan ikon khas Kota Jambi. Dibangun di atas sungai Batanghari, Jembatan ini khusus dibuat sebagai tempat wisata untuk para penduduk dan juga pengunjung Kota Jambi.

Jembatan ini sebenarnya baru saja dibangun pada pertengahan Tahun 2012, dan belum lama ini baru saja diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Bapak Jusuf kalla. Jembatan ini pada dasarnya terdiri dari dua buah bangunan ikonik yaitu Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, akan tetapi warga sekitar lokasi ini lebih sering menyebut jembatan ini Jembatan Gentala Arasy.

Jembatan pedestrian merupakan jembatan yang membentang membentang di atas Sungai Batanghari. Jembatan ini memiliki bentuk berkelok-kelok seperti huruf S dengan panjang keseluruhan sekitar 530 meter. Jembatan ini sengaja dibangun sebagai tempat wisata untuk para pejalan kaki. Kendaraan bermotor tidak diijinkan melewati jembatan ini demi kepuasan para pejalan kaki.

Jembatan-Pedestrian-Jambi
Di jembatan ini, Anda dapat berjalan-jalan sambil menikmati lalu lalang kapal yang ada di sungai Batanghari. Jika Anda ingin merasakan naik Kapal mengitari Sungai Batanghari, Anda dapat menyewa berbagai macam kapal yang ada di pinggiran Sugai Batanghari.

Menara Gentala Arasy sendiri merupakan sebuah menara ikonik yang menggambarkan mengenai sejarah penyebaran Agama Islam di Kota Jambi. Tidak sekedar menara biasa, menara ini juga dimanfaatkan sebagai museum islami. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai macam bukti dan sejarah perkembangan Islam di Kota Jambi.

Bentuk Menara Gentala Arasy ini terbilang cukup unik dan tentunya sangat islami. Bentuknya bahkan menyerupai sebuah bangunan masjid yang dilengkapi dengan menara. Menara Gentala Arasy biasanya dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengambil foto kenang-kengangan. Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi Menara ini, kami sarankan Anda mengunjunginya di waktu pagi. Hal ini dikarenakan di waktu pagi, tidak banyak wisatawan maupun penduduk yang berlalu lalang di sekitar sini, sehingga Anda dengan bebas dapat mengambil foto tanpa gangguan dari wisatawan lainnya.

Pusat Wisata Kuliner

Tidak hanya sekedar tempat wisata untuk berjalan kali menikmati pemandangan lalu lintas kapal di Sungai Batanghari, ketika malam hari Jembatan Gentala Arasy juga dijadikan salah satu pusat wisata kuliner di Kota Jambi. Anda dapat menemukan berbagai macam makanan ataupun olahan kuliner khas Kota Jambi di tempat ini.

Wisata kuliner di Jembatan ini berlangsung dari sore hari hingga menjelang pagi dini hari. Di siang hari, para penjaja wisata kuliner dilarang berjualan di sekitar Jembatan ini.

Lokasi

Lokasi tempat wisata ini ada di daerah Sungai Batanghari tidak jauh dari pusat Kota jambi. Untuk menjangkau lokasi wisata ini Anda dapat memanfaatkan berbagai macam fasilitas transportasi yang tersedia.

Akses Lokasi Sangat Mudah dan Gratis

menara-gentala-arasy
Berada di dekat pusat Kota Jambi, tempat wisata di Jambi yang satu ini sangat mudah untuk diakses ataupun dikunjungi. Tidak hanya itu, Anda juga tidak memerlukan uang sedikit pun untuk bisa menikmati pemandangan lalu lintas kapal di Sungai Batanghari dari atas Jembatan Pedestrian ini. Tidak ada pungutan sama sekali untuk pengunjung Gentala Arasy ini. Pemerintah menggratiskan akses masuk ke tempat wisata ini.

Meskipun begitu, bagi Anda yang ingin menikmati rasanya naik kapal di Sungai Batanghari, Anda tentunya harus mengeluarkan uang untuk sewa kapal
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Icon Wisata Jambi "Gentala Arasy" Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/