Thursday, October 22, 2015

Menengok Sisa-Sisa Kejayaan Istana Maimoon - Medan

Istana Maimoon
Istana Maimoon - Istana pada masa Sultan Ma‘moen Al-Rasyid Perkasa Alamsyah ini, tepatnya 26 Agustus 1888, memiliki bentuk bangunan dengan arsitektur Melayu dengan corak Eropa. Sebagai sebuah saksi sejarah, keberadaan istana ini juga menunjukkan bahwa Kesultanan Deli pernah mencapai puncak kejayaannya pada masa itu.

Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan. Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke utara dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Jika berkunjung ke istana ini, Anda bisa melihat secara langsung peninggalan-peninggalan Kesultanan Deli yang masih terawat baik di sana. Salah satunya adalah singgasana sultan dan permaisurinyam yang bisa Anda gunakan untuk berfoto. Di ruangan tengah, Anda akan menjumpai tempat yang digunakan oleh sultan untuk bersantai bersama permaisurinya, tempat duduk berwarna kuning. Sedangkan di tengah ruangan utama, Anda akan menjumpai bola lampu mewah buatan Italia dan foto keluarga kesultanan.

Istana Maimoon masuk ke dalam wilayah Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimoon, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasinya yang berada tepat di jantung Kota Medan membuat objek wisata sejarah ini mudah diakses. Bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi, banyak angkutan umum yang melewati istana ini yang bisa Anda tumpangi. Untuk memasuki Istana Maimun, pengunjung cukup membayar Rp 5.000 per orang

Bagi Anda yang ingin menginap, tidak jauh dari lokasi terdapat banyak penginapan dengan tarif yang bervariasi, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang. Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan warung makan dan restoran yang menyajikan menu khas Medan di sekitar lokasi wisata ini.

Demikianlah sekilas info tentang Istana Maimoon Medan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. smbr info : klik here
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Sisa-Sisa Kejayaan Istana Maimoon - Medan Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/