Thursday, October 22, 2015

Menyambangi Kepulauan Derawan; Surga Para Penyelam Di Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan; Surga Para Penyelam Di Kalimantan Timur
Kepulauan Derawan. Tempat wisata ini benar-benar merupakan kawasan tropis yang sempurna. Sinar matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih dan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Selain itu, kondisi bawah lautnya juga sangat luar biasa. Di sini, Anda akan menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, atau bahkan ubur-ubur stingless. Salah satu kekayaan biota laut yang sangat berharga di Kepulauan Derawan adalah Ikan Hiu Derawan. Kondisi alam bawah lautnya yang kaya dan indah ini tentu saja membuat Kepulauan Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dan spot diving terbaik di dunia.

Kepulauan Derawan merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 31 pulau. Jika ditotal, seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya adalah sekitar 1,27 juta hektar.Beberapa yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini, Anda dapat menujumpai sarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Menyaksikan penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura bukanlah pemandangan langka di sini karena Anda dapat menikmatinya setiap hari. 

460 jenis karang yang dimiliki Kepulauan ini membuatnya menjadi yang terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Selain itu, di Kepulauan Derawan, Anda bisa menemukan lebih dari 870 jenis ikan. 

Kepulauan Derawan; Surga Para Penyelam Di Kalimantan Timur
Di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah spesies unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat Anda lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan. Spesies yang dilindungi lainnya adalah barakuda.

Total ada 28 titik penyelaman yang ada di sini. Penyelam butuh setidaknya 10 hari untuk menjelajah semua tempat itu. Tidak ada cara lebih baik untuk mendapatkan keindahan bahari Derawan kecuali mencelupkan diri ke bawah lautnya, baik itu dengan menyelam ataupun sekadar snorkeling. Melengkapi istirahatnya Anda bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan.

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk menuju Derawan dapat dituju melalui penerbangan ke Balikpapan di Kalimantan Timur dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar dengan Garuda Indonesia. Berikutnya Anda dapat mengambil penerbangan penghubung dengan Garuda Indonesia, Kalstar, Deraya atau DAS ke Tanjung Redep di Berau. Dari sana berikutnya kapal akan mengatar Anda ke Kepulauan Derawan. Atau, jika Anda ingin lebih praktis, carilah paket tour yang banyak ditawarkan oleh berbagai travel wisata ke Kepulauan ini. 

Demikianlah sekilas info tentang Keindahan Kepulauan Derawan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lain di Jelajah Keindahan Indonesia. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menyambangi Kepulauan Derawan; Surga Para Penyelam Di Kalimantan Timur Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/