Monday, November 2, 2015

Kabut Asap 99 Persen Ulah Manusia

Bencana kabut asap yang disebabkan kebakaran lahan dan hutan menurut Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Raffles Brotestes Panjaitan disebabkan oleh manusia.

Kabut Asap 99 Persen Ulah Manusia
"99 persen kebakaran lahan di Indonesia pasti karena ada aktor di belakangnya," kata Raffles dalam diskusi bertopik 'Asap dan Sengsara' di Cikini, Sabtu, 19 September 2015.

Motif melakukan pembakaran, menurut Raffles, selalu karena faktor ekonomi. Membuka lahan dengan cara membakar memang jauh lebih murah dibanding dengan prosedur sesuai ketentuan. "Utamanya pembakaran memang untuk lahan sawit," ucap dia.

Direktur Eksekutif Walhi Abet Nego Tarigan mengatakan korporasi banyak terlibat dalam pembakaran hutan. Bahkan, Abet menambahkan, bila melihat polanya, sebagian besar lokasi pembakaran merupakan lahan yang sudah menjadi milik konsesi. "Pembakaran lahan itu tidak random tapi membentuk pola," kata dia.

Menangani kasus kebakaran lahan yang tak kunjung usai itu, Dewan Perwakilan Rakyat  berencana memperkuat instrumen hukum untuk menjerat pelaku. Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasludin, mengatakan Komisi sedang merevisi Undang-Undang Lingkungan Hidup untuk memasukkan poin-poin tentang hukuman bagi pembakar hutan. "Dalam undang-undang tersebut, akan diatur soal pengadilan khusus lingkungan hidup," katanya.[mr/tempo]
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kabut Asap 99 Persen Ulah Manusia Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/