Wednesday, December 16, 2015

Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia : Sembalun Gunung Rinjani

Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia :  Sembalun Gunung Rinjani
Bagi para pendaki gunung maupun wisatawan, Gunung Rinjani (3726 m dpl) merupakan salah satu dari banyak gunung milik Indonesia yang berada di pulau Lombok Nusa tenggara, sebuah gunung gagah, indah tetapi juga anggun. Sekali waktu luangkan dari semua kesibukan, untuk mengunjungi Sang Segala Cantik, Gunung Rinjani. Rinjani yang merupakan gunung api bertipe strato dengan kaldera berdanau ini diperkirakan memiliki tinggi 5.000 Mdpl pada zaman tersier ( lebih dari 600.000 tahun lalu ). Aktivitas tektonik vulkanik dalam skala besar mengambil andil besar dalam perubahan bentuk Rinjani serta munculnya kerucut Gunung Baru Jari ( 2.376 Mdpl ).

Aktivitas tektonik vulkanik Rinjani juga memunculkan kaldera luas menampung air, masyarakat lokal menamainya Danau Segara Anak. Luas Danau ini mencapai 2400 x 2800 meter, menjadikan salah satu danau vulkanik aktif terbesar di Bumi.
Lanskap Gunung rinjani berupa padang sabana, jalur perbukitan dipayungi cemara gunung, tanjakan batu menuju puncak ditumbuhi bunga Edelweiss hingga Danau Segara Anak dan pemandian air panas dan Goa yang ada di sana. Umumnya terdapat dua pintu pendakian, Jalur Senaru dan Jalur sembalun , ada juga melalui jalur Torean dan jalur Timbanuh.

Untuk menuju puncak Dewi Anjani Gunung Rinjani silahkan lewat Jalur Sembalun karena bisa menghemat 700 meter ketinggian di banding lewat senaru, Jalur sembalun dipenuhi padang sabana luas, keindahan alam melihat rumput menguning dengan latar Gunung Rinjani di kejauhan menjadi pemandangan selama di perjalanan. Selepas dari Pos III, para pendaki akan frustrasi melewati tujuh bukit penyesalan. Sekarang ada yang menyebut nya dengan istilah Tujuh Bukit Penyiksaan. Di bukit ini, pameo penyesalan selalu datang belakangan, dan akan terasa menyiksa juga dengan trek nya, tidaklah tepat. Penyesalan yang dimaksud ternyata "penyesalan selalu datang lebih awal saat melihat bukit yang tak kunjung usai untuk didaki."

Biasanya tiba di Plawangan Sembalun saat hari senja. Inilah lokasi pendirian tenda terakhir sebelum perjalanan ke puncak Rinjani. Pendaki yang ingin ke puncak Rinjani, biasanya akan memulai pendakian pukul 02.00 dini hari dengan estimasi waktu tiba di puncak saat Matahari terbit. Namun tak jarang estimasi itu berubah.

Puncak Rinjani menawarkan pesona keindahan. Dari ketinggian 3.726 Mdpl saat cuaca cerah, pendaki bisa melihat puncak Gunung Agung di barat dan Puncak Tambora di timur. Menuju Segara Anak terdapat sumber air panas bisa digunakan untuk membasuh badan atau sekedar mencuci muka. Tetapi waspadalah dengan kera - kera hutan yang akan menunggu kelengahan Anda untuk bisa mencuri pakaian atau makanan yang Anda tinggalkan.

Turun dari Rinjani bisa melalui Desa Senaru. Lama perjalanan dari Segara Anak hingga pintu Desa Senaru dapat ditempuh dalam waktu 11 jam.
Dari Segara Anak melewati tanjakan bebatuan yang ditumbuhi pepohonan cemara gunung dan melewati hutan hingga tiba di pintu Desa Senaru. from enzy putra meru
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jalur Pendakian Terindah Di Indonesia : Sembalun Gunung Rinjani Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/