Sunday, December 27, 2015

Menikmati Keunikan Nasi Rawon di Cozyfield Cafe

Menu Nasi Rawon dengan irisan daging serta telur puyuh yang ditawarkan di Cozyfield Cafe, Gramedia Emerald Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/12/2015). Harga seporsi Nasi Rawon di Cozyfield Cafe yaitu Rp 105.000.
Jika daging sapi pada rawon biasa disajikan dengan cara dicampur dengan kuah, Cozyfield Cafe punya cara tersendiri dalam mengolah rawon. 

Daging sapi pada rawon diolah dan disajikan dengan gaya western. Konsultan Cozyfield Cafe dari MnM Concept, Bondan Yuliarso mengatakan nasi rawon di Cozyfield Cafe merupakan salah satu menu andalan yang memiliki konsep "Reborn". 

Ia mengatakan jika konsep itu digunakan untuk mengemas kuliner tradisional dengan cara penyajian bergaya barat.

"Kita membuat konsep Reborn untuk menampilkan kuliner yang berbeda dengan yang biasanya orang-orang makan nasi rawon. Jadi walaupun makanannya klasik tapi proses dan penyajiannya modern," kata Bondan kepada KompasTravel di Cozyfield Cafe, Gramedia Emerald Bintaro, Tangerang, Banten, Selasa (23/12/2015).

Ia mengatakan awalnya Cozyfield Cafe ingin menyajikan kuliner yang telah banyak dikenal orang seperti nasi rawon. Namun, ia mencoba untuk memberikan sentuhan gaya yang berbeda pada kuliner tradisional seperti nasi rawon. 

"Kita masak daging sapi dengan suhu 58 derajat celcius selama satu jam. Kemudian juga ada cara dipanaskan dua sisi untuk menjaga kelembutan daging. Itu proses masak yang lama," jelasnya.

Konsep barat juga terlihat dari cara penyajian nasi rawon. Ia menyebutkan cara memotong daging sapi untuk rawon juga bukan berbentuk dadu seperti nasi rawon pada umumnya.

"Kita potong-potong seperti makan steak, dipotong lima bagian, kalau tebalnya satu centimeter. Sebelumnya ditambah extra virgin olive oil dan butter," katanya.

KompasTravel sempat mencicipi kuliner nasi rawon dalam acara soft launching Cozyfield Cafe di Gramedia Emerald Bintaro. Kuah disajikan terpisah dari daging rawon. 

Di dalam piring, daging sapi dimakan bersama telur puyuh asin dan juga irisan daun bawang segar. Tak terlupa tambahan kerupuk emping dan juga sambal.

Bondan menjelaskan telur puyuh yang disuguhkan berwarna hitam berasal dari tinta cumi. Telur puyuh diolah dengan dicelupkan ke dalam cairan hitam tinta cumi. 

Penggunaan telur puyuh, menurut Bondan, dalam rangka mempertahankan keaslian penyajian kuliner nasi rawon.

Adapun menu-menu andalan lain yang hadir di Cozyfield Cafe adalah Opor Ayam Bakar, Sate Pusut, Bumbu Kuning Deconstruction, Massaman Beef Cubes, dan Beef Burger Rendang. Untuk harga seporsi nasi rawon di Cozyfield Cafe ditawarkan dengan harga sebesar Rp 105.000.

Cozyfield Cafe terletak di lantai dasar Gramedia Emerald Bintaro yang berlokasi di Jalan Raya Boulevard Bintaro Jaya, CBD Emerald Blok CE/B-02, Tangerang Selatan, Banten. Selama masa soft launching hingga tanggal 6 Januari 2016, Cozyfield Cafe buka setiap hari mulai pukul 10.00-19.00 WIB. smbr info http://travel.kompas.com/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Keunikan Nasi Rawon di Cozyfield Cafe Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/