Tuesday, April 5, 2016

Menanti Even Budaya Bahari Internasional Selayar 2016

Salah satu keindahan alam Kepulauan Selayar
PLH Silajara - Kepulauan Selayar di tahun 2016 ini siap menyambut para penjelajah laut dari Sail Indonesia yang setiap tahun selalu mampir di pulau paling selatan di Sulawesi Selatan ini. Peserta Sail Indonesia adalah partisipan Yacht Rally yang berlayar dari Darwin, Australia yang mengunjungi setiap titik destinasi wisata bahari di dunia. Kunjungan para petualang laut ini merupakan salah satu dari tiga kegiatan internasional yang digelar Pemda Selayar pada bulan September 2016 sebagai bentuk dukungan program Explore South Sulawesi yang telah diluncurkan Pemprov Sulsel.

Selain Sail Indonesia, even fotografi bertaraf internasional juga digelar bersamaan dengan even tahunan Takabonerate Island Expedition ( TIE ) yang sudah berganti nama menjadi Festival Takabonerate, sebuah festival budaya bahari yang sudah ketujuh kalinya digelar hingga tahun 2016 ini.
Even fotografi Selayar memperlombakan dua kategori besar yakni Underwater Photograhy dan foto Wisata Alam Budaya Selayar. Hadiahnya berupa uang tunai dan setifikat penghargaan. Penyelenggaraan even fotografi Selayar tahun lalu terbilang cukup sukses dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang dari berbagai komunitas dalam dan luar negeri.

Kegiatan tahunan bertaraf internasional di kepulauan Selayar ini sejalan dengan jumlah wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya, meningkat signifikan sampai 25 %. Agenda tersebut sekaligus menjadi program jangka panjang Pemerintah Daerah Kepulauan Selayar dalam rangka mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Bumi Tanadoang, julukan Kepulauan Selayar.

Menyambut kegiatan yang berpotensi mendatangkan wisatawan, berbagai infrastruktur dan kebutuhan logistik dipersiapkan jauh hari. Pendukung dan sponsor acara seperti Kementerian Pariwisata, Kementrian Kelautan dan Perikanan dan stakeholder sudah memberi respon yang menjanjikan. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Selayar, Kadhafi,  Dukungan transportasi penerbangan dari Makassar ke Selayar yang sudah terjadwal reguler tiga kali seminggu sangat membantu kesuksesan ketiga acara besar itu nantinya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menanti Even Budaya Bahari Internasional Selayar 2016 Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/