Latest News
Sunday, July 31, 2016

Jelajahi Air Terjun Andulan Luwu

Lokasi : Air Terjun Andulan Luwu
Air Terjun - Luwu. Namanya daerahnya Andulan terletak di dusun Makawa desa Siteba kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Ditempat ini terdapat Air terjun yang indah dengan pemandangan yang natural. Masyarakat setempat menyebutnya air terjun Andulan. Kawasan ini sangat ideal untuk menikmati sejuknya air pegunungan. Air terjun Andulan merupakan hulu dari sungai makawa yang alirannya mengalir sepanjang jalan poros trans sulawesi.

Airnya sejuk dan banyak spot yang aman untuk sekedar berendam dan berenang, bahkan untuk anak kecilpun. Kawasannya asri dan belum terjamah sehingga kondisinya masih sangat alami. Untuk sampai ke air terjun Andulan, kita harus melalui jalan desa dengan mobil atau motor berjarak sekira 12 k. Dari jalan poros Sulawesi, masuk melalui desa Marabuana yang berbatasan langsung dengan desa Siteba’.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri pinggiran sungai lewat pematang sawah sekira 300 meter. Sepanjang perjalanan nampak pemandangan hamparan sawah, pebukitan dan pepohonan durian, cengkeh, sagu dan lainnya. Sepanjang perjalanan akan terdengar suara-suara hewan yang hidup di kawasan pegunungan ini seperti monyet dan Anoa.

Selain Air terjun Andulan, di kawasan ini juga terdapat Goa yang kabarnya merupakan asal nenek moyang penduduk di beberapa desa sekitar kecamatan walenrang. Didalam goa banyak ditemukan hal yang unik dan banyak menyimpan peninggalan kuno dengan berbagai kisah sejarah beraroma mistik.
Menurut tokoh masyarakat yang pernah menjadi kepala desa ditempat tersebut, sepanjang bukit dan pegunungan kawasan Goa, pernah dijadikan tempat persinggahan tentara Siliwangi saat melakukan tugas di daerah Luwu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Air Terjun Andulan Luwu Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara