Latest News
Sunday, July 31, 2016

Merubah Akuarium Seperti Pemandangan Bawah Laut

Akuarium yang telah didesain
Kampanye - Hasil karya Batam Aquascape Community (BAC) ini bikin decak kagum. BAC adalah komunitas penghobi yang menghiasi aquarium dengan tumbuhan hidup dengan design yang mengagumkan, sehingga isi akuarium seakan terlihat seperti pemandangan bawah laut.

Ardi, seorang anggota Batam Aquascape Community mengatakan, awal mula terbentuk komunitas ini di Batam, Kepulauan Riau di awali dengan hobi mendesain akuarium dengan tumbuhan-tumbuhan hidup.

"Tidak semua bahannya ada di Batam, seperti pasir kita datangkan dari Malang. Untuk pohon ada juga kita pesan dari Singapura," ujar Ardi saat ditemui di Harboaurbay Mal, Sabtu (30/7/2016) sore.

Sejak terbentuk dua tahun lalu, kini Batam Aquascape beranggotakan sebanyak 70 orang lebih. Anggota BAC sendiri terdiri dari para pekerja seperti PNS, Pegawai BUMN dan Swasta.

Setiap anggota memiliki design masing-masing. Harga yang ditawarkan untuk setiap desain berbeda-beda, tergantung tingkat kesulitan, besar akuarium dan banyaknya bahan yang dipergunakan.

"Harga yang kita tawarkan setelah selesai desain mulai dari Rp700 ribu hingga Rp10 Juta. Tapi, kita juga akan membuatkan sesuai selera apabila punya desain sendiri," kata Ardi.

Selain menawarkan desain jadi, kata Ardi, BAC juga menawarkan jasa perawatan tanaman aquarium setiap konsumennya, dan menjual bahan-bahan apabila konsumen ingin menambahkan isi aquariumnya.

Ardi menambahkan, aquarium tak perlu lagi tanaman plastik penghias. Ekosistem buatan di aquarium menyerupai ekosistem alami, karena tumbuhan penyedia gas pernapasan ikan hiasanya langsung dari tumbuhan hidup.

"Airnya pun tidak perlu sering ganti dan perawatan sangat gampang. Air cukup tiga kali seminggu saja diganti," ujar Rudi menambahkan.

Anggota DPRD Kepri Sirajuddin Nur yang tengah berada di lokasi tersebut tampak kagum dengan kreatifitas Batam Aquascape Community ini.

"Karya mereka bagus, pemandangannya sangat indah," kata Sirajuddin Nur dilokasi.
smbr info : batamnews.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Merubah Akuarium Seperti Pemandangan Bawah Laut Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara