Sunday, July 31, 2016

Kota Ambon Menuju Kota Musik

Sebentar Lagi Ambon Bakal Jadi Kota Musik Dunia
PLH Indonesia - Banyak musisi Indonesia yang mendunia yang lahir dari tanah Ambon. Sebut saja Glenn Fredly, Ruth Sahanaya, Andre Hehanusa, dan sebagainya. Suara-suara merdu mereka sudah menggema ke seluruh dunia dan hal tersebut membuat Ambon memiliki identitas baru, yakni kota musik. Ambon sudah mendeklarasikan diri sebagai kota musik sejak 2011. 

Pemerintah Kota Ambon sampai sekarang terus mengembangkan konsep kota musik ini dengan memberi dukungan kepada masyarakat kota Ambon untuk mengenyam pendidikan musik secara profesional. Tak hanya itu, pemerintah setempat juga berusaha membangun infrastruktur demi menunjang kebutuhan kota musik ini. Seiring berjalannya waktu, Ambon pun ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia punya kota musik yang berkelas. 

Oleh karenanya, Ambon dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia akan mencanangkan Ambon menuju kota musik dunia berdasarkan standar Unesco. Berdasarkan informasi dari Deputi Fasilitasi HKI Bekraf Indonesia Ari Juliano Gema, pencanangan ini akan dilakukan pada 28 Oktober 2016 di Kota Ambon bebarengan dengan diadakannya pekan kreativitas bermusik dari para musisi Ambon. 

Untuk menuju kota musik dunia, ada tujuh syarat dari Unesco yang harus dipenuhi Ambon, di antaranya infrastruktur penunjang berupa penyiapan SDM, gedung pertunjukan seni, studio rekaman, dan sekolah musik. "Saat ini kota Ambon belum memiliki sekolah musik, tetapi kita optimis dalam waktu dekat Ambon akan memiliki sekolah musik yang dapat menghasilkan tenaga pemusik yang handal, kita akan membantu Pemkot Ambon mewujudkan hal tersebut melalui penyiapan SDM dan kurikulum," jelas Ari seperti dikutip ANTARA. 

Pemerintah Kota Ambon sendiri sudah berkomitmen untuk segera membangun sekolah musik bagi masyarakat Kota Ambon. “Kita akan mendorong anak-anak muda untuk sekolah musik secara profesional di sini nantinya. Kita punya begitu banyak sumber daya lulusan dalam maupun luar negeri dan menghasilkan output musik yang berkelas dan merebut prestasi,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Pencanangan Ambon sebagai Kota Musik dunia ini diharapkan dapat memacu para musisi di kota Ambon untuk terus menciptakan karya yang spektakuler. Pun, Ambon akan menjadi salah satu perwakilan kota musik dari Asia di seluruh dunia. antara.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kota Ambon Menuju Kota Musik Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/