Sunday, July 3, 2016

Jelajahi Pesona Keindahan Tempat Wisata Pulau Bawean - Gresik

Pesona Keindahan Tempat Wisata Pulau Bawean Gresik
PLH Indonesia - Pulau Bawean Gresik Jawa Timur. Para Penelusur pernah denger Pulau Bawean ga?, karena pulau ini sangat indah dan cocok banget untuk tujuan Para Penelusur jika di Gresik. Kami akan memperkenalkan sedikit tentang Wisata di Pulau Bawan khusus buat Para Penelusur. Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Gresik dan terletak di sebelah utara wilayah Kota Gresik. Pulau Bawean berjarak 80 mil atau 120 km dari kota Gresik dan membutuhkan waktu 3 jam bila ditempuh dengan menggunakan kapal cepat atau 8 jam bila ditempuh menggunakan kapal biasa. Secara geografis kepulauan Bawean terletak antara 112 45’ Bujur Timur dan 5 45’Lintang Selatan. Luas wilayah sebesar 196,27 Km. kepulauan Bawean terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak

Para Penelusur tau ga sejarah tentang Pulau Bawean ini?, usut punya usut ternyata dulu Bawean dikenal dengan sebutan “Pulau Puteri” karena mayoritas penduduknya kaum perempuan. Kaum lelaki Bawean umumnya merantau ke negeri seberang. Tapi sekarang julukan Pulau Puteri sudah jarang terdengar, lantaran kaum hawa Bawean sudah banyak yang merantau pula ke luar negeri, bahkan sebagian diantaranya sudah menjadi penduduk tetap negeri jiran, seperti Malaysia dan Singapura. Dalam legenda pulau putri, pulau bawean tempat berlabuhnya keluarga dari kerajaan Campa yang akan menuju pulau Jawa, mereka berlabuh dikarenakan Putri raja tersebut sakit, dan konon meninggal di bawean, untuk menhormati sang putri pulau tersebut dinamakan pulau putri. Sampai sekarang ini makam beliau masih ada tepatnya berada di desa Kumalasa yang dikenal sebagai makam jujuk Campa.

Pesona Keindahan Tempat Wisata Pulau Bawean Gresik
Ada juga fakta menarik tentang Pulau Bawean ini, ternyata oh ternyata salah satu fenomena yang khas di Pulau Bawean adalah menu ikan yang berlimpah. Masyarakat Bawean menanam sayuran secara terbatas seperti sawi, bayam, kangkung dan singkong, sedangkan sayuran lain seperti wortel, dan cabai dibawa dari Gresik. Hal ini mengakibatkan harga sayuran menjadi sangat mahal jika tidak ada kapal yang berlabuh yang membawa sembako dan sayuran.

Para Penelusur ga usah khawatir tentang wisata ini, karena selain disuguhi keindahan alamnya yang sangat aduhai, Para Penelusur juga akan disuguhi berbagai macam flora dan fauna. Karena secara keseluruhan Pulau Bawean mempunyai panorawa wisata dengan ragam flora dan fauna aneka jenis dan warna serta pesona taman lautnya menghiasa pemandangan pulau ini. Di Bawean terdapat spesies rusa yang hanya ditemukan (endemik) di Bawean, yaitu Axis kuhli. Selain itu di Pulau Bawean juga ditanam manggis, salak, buah merah, dan durian untuk konsumsi lokal. Puluhan spesies ikan laut juga terdapat di pantai pulau ini.

Para Penelusur pasti penasaran kan tentang Pulau Bawean?, tunggu apalagi? Ayo Telusuri Indonesia!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Pesona Keindahan Tempat Wisata Pulau Bawean - Gresik Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/