Tuesday, July 26, 2016

Jelajahi Puncak Karomba Pinrang

Puncak Karomba di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang
Wisata Alam - Objek wisata "Negeri di Atas Awan" ada juga di Kabupaten Pinrang. Namanya Puncak Karomba. Belakangan ini warga Sulsel mengenal "Negeri di Atas Awan" ada di Puncak Lolai Kabupaten Toraja Utara. Puncak Karomba di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Ketinggian 1.200 mdpl. Sejuk segar. Serasa di awan ketika menginjakkan kaki di Puncak Karomba. Hamparan awan kurang 80 hektar menyelimuti Karomba. Di lereng Karomba terlihat gumpalan awan bak sambung menyambung.

Terdapat fasilitas jembatan gantung yang kerap diselimuti gumpalan awan. Ketika melintas di jembatan ini, perasaan seolah terbang mengarungi angkasa. Ada juga aneka villa dengan aksitektur ala Sulawesi, villa model Toraja, Bugis, Manado, hingga villa khas desa setempat. Mau mandi-mandi? terdapat kolam renang untuk kalangan anak-anak dan dewasa di sekitar vila.

Kamar Bos
Hanya saja, kamar vila tersebut belum disewakan secara umum. Hanya orang-orang tertentu saja yang diberikan kesempatan untuk menikmati kemewahan villa itu. "Untuk saat ini belum disewakan secara umum. Biasanya, keluarga bos yang tempati. Biasa juga ada yang sewa, tapi atas dasar persetujuan bos," kata petugas Puncak Karomba, Yoris,

"Biasanya disewa per kamar. Dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu," ujar Yoris. Petugas lainnya, Daeng Bali, kawasa ini juga memiliki perkebunan khusus yang nantinya dapat dinikmati oleh pengunjung. "Di sini ada kebun jeruk, tin, manggis, durian dan apel. Nantinya, kami akan suguhkan untuk pengunjung jika semua pembangunan wisata ini rampung. Tentunya dengan biaya tertentu," katanya. "Mungkin akan rampung tahun 2017. Pokoknya, objek wisata ini akan kami sulap menjadi kawasan terindah dan diminati pengunjung di Indonesia," Daeng Bali menambahkan. Untuk sampai ke vila, harus menyebrang melalui jembatan gantung terlebih dahulu. Dari tempat parkir atau melalui tangga khusus yang memiliki jumlah 117 anak tangga. Pemilik vila-vila itu adalah Donatus Marru atau lebih akrab disapa Donatus Toto.

Puncak Karomba di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang
Putra daerah setempat. Tinggal di Makassar sebagai pengusaha. Puncak Karomba 80 kilometer dari pusat Kota Pinrang. Jarak tempuh tiga jam.

Kekurangan
- Listrik PLN belum menyentuh kawasan ini.
  Masyarakat setempat menggunakan turbin (kincir air) untuk memperoleh aliran listrik.
- Belum ada warung makan.
  Pengunjung menyediakan bekal yang cukup sebelum ke kawasan ini.
- Jalanan yang dilalui terjal, hampir seperduanya berbatu dan bergelombang.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Puncak Karomba Pinrang Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/