Wednesday, October 23, 2013

Inilah Beberapa Kesulitan Dalam Arung Jeram

Dalam arung jeram terdapat tingkat kesulitan yang berbeda - beda dari mulai level 1 hingga level 6. Inilah yang harus Anda mengerti sebelum terjun dengan perahu karet ke sungai. Apa saja 6 tingkat kesulitan tersebut? Coba dimengerti lebih dalam lagi karena arung jeram juga termasuk kegiatan olahraga beresiko.
www.belantaraindonesia.org
Setiap sungai itu pasti mempunyai 6 tingkatan kesulitan tersebut. Hanya beda tempatnya saja, kalau tingkat 1 itu dari jarak berapa meter sampai berapa ratus meter, lalu grade 2 itu berapa ratus meter lagi di depannya.

Biasanya Rafter melakukan kegiatan arung jeram di tingkat 1 sampai 3. Tingkatan tersebut arus dan jeramnya tidak begitu sulit, serta cocok bagi pemula. Hanya saja, tingkat 3 sudah banyak arus sungai dan batu - batu besar yang membuat peserta harus menjaga keseimbangan.

Tingkat 1 itu hanya flat saja. Lalu tingkat 2 sungai sudah beriak tapi belum banyak batu besar. Kalau di tingkat 3, sungai sudah beriak, berarus, dan banyak bebatuan besar yang membuat kita harus manuver.

Di tingkat 4, kesulitannya lebih menantang lagi. Di tingkat inilah jeram sungai memiliki spesifikasi yang berbeda - beda dan ada bentukan sungai hidrolik yang membuat arus menjadi semakin besar dan kencang. Peserta harus hati - hati! 

Hidrolik itu jenis jeram yang disebut hole. Arus airnya jatuh dengan volume besar dengan kecepatan besar dan ditampung di dalam hole itu. Sehingga air tak mengalir ke bawah tapi berputar. Kalau perahu di situ bakal ketahan dan harus mendayung dengan kuat.

Untuk sungai tingkat 5, hanya orang profesional dan atlet rafting yang bisa melalui tingkatan tersebut. Bagi rafter  pemula, tidak diizinkan untuk rafting di sungai dengan tingkat 5. Tingkat 5 hanya untuk orang - orang terlatih dan profesional. Tingkat 6, itu sudah tidak bisa dilalui untuk arung jeram.

Para operator tur masing - masing memiliki standar dan penilaian tersendiri terhadap tingkatan - tingkatan kesulitan tersebut. Para peserta rafting juga harus mengetahu kondisi diri untuk siap memilih tingkatan yang bakal dilalui. Selamat arung jeram dan basah - basahan!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Beberapa Kesulitan Dalam Arung Jeram Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad