Wednesday, November 13, 2013

Inilah Pantai Yang Paling Favorit di Indonesia

Siapa yang bisa menolak tawaran berlama-lama menghabiskan waktu bersantai dan bermain di pantai berpasir putih? Nampaknya juga tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan senang saat bisa melihat refleksi kaki sendiri karena air laut yang sangat jernih. Stereotype masyarakat Indonesia dan turis mancanegara yang selalu pergi ke Bali karena pantainya sebenarnya sah-sah saja. Lewat artikel ini kami mau berbagi 5 pantai favorit di Indonesia versi Green Sands.
1. Pantai Liang, Ambon
image source: erthrock.blogspot.com
Pantai yang aslinya bernama Pantai Hunimua ini terletak di Desa Liang yang terletak 40km dari pusat kota Ambon. Pantai Liang masih sangat terjaga keindahan dan kebersihannya. Saking indahnya pesona pantai ini, UNDP-PBB pun sampai menobatkan Pantai Liang sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 dan sejatinya menjadi pantai favorit masyarakat setempat dan turis mancanegara untuk sekedar merehatkan pikiran sejenak.
Pasir putih, pohon rindang, air laut yang biru jernih adalah pemandangan yang bisa kamu nikmati selama bersantai disini. Bagi kamu yang lebih suka suasana pantai yang sepi dan ingin menyendiri, sebaiknya melakukan kunjungan pada hari-hari biasa. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Liang adalah bulan September-November / April-Mei.
2. Pantai Sawarna
sawarna-adirafacesofindonesia.com
Kalau kamu sering mengikuti perkembangan agen backpacker, pastinya Pantai Sawarna sudah nggak asing lagi terdengar di telinga kamu. Pantai Sawarna ini terletak di salah satu desa di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota inilah yang menarik banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu akhir pekannya di Sawarna.
Keindahan Pantai Sawarna sangat menarik karena lautnya yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Selain itu disini kamu bisa menginap ala homestay di rumah warga setempat. Selain Pantai Sawarna, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan disini antara lain adalah menjelajah Legon Pari, Pulau Manuk, Tanjung Layar, dan juga kamu bisa caving di Gua Lalai.
3. Pantai Tanjung Aan
tanjungaan-500px.com
image source: http://500px.com/alexh3o
Di Lombok kamu bisa menemui fenomena keindahan alam yang terbilang masih sepi pengunjung bernama Pantai Tanjung Aan. Tanjung Aan adalah pantai yang sangat cocok dikunjungi terutama bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu sendiri atau bersama beberapa teman dekat. Suasana tenang dan menyatu dengan alam sangat bisa kamu nikmati disini, karena pantai ini masih belum tersentuh oleh pembangunan penginapan / resort seperti di pantai Lombok pada umumnya.
Keunikan pantai ini terdapat pada tekstur pasirnya, ada yang bertekstur kasar, sedangkan jika menjauh dari bibir pantai, pasirnya memiliki tekstur yang sangat halus. Untuk sampai ke Pantai Tanjung Aan sebaiknya menggunakan sepeda motor karena letaknya agak terpencil, berada dekat dengan Pantai Kuta, Lombok.
4. Pantai Drini
pesonagunungkidul.com
Jogjakarta nampaknya selalu dapat membuat orang terpesona dan berulangkali kembali berkunjung untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain terkenal dengan Gudeg dan banyak tempat wisata menarik, di Jogjakarta juga terdapat Pantai Drini. Pantai Drini terletak di objek wisata Gunung Kidul dimana daerah ini memang terkenal dengan deretan pantai yang berjejer di sepanjang jalan.
Yang membuat Pantai Drini menarik adalah karena selain pemandangan pasir putih dan laut biru, disini kamu juga bisa melihat banyak kapal nelayan yang berjejer di pinggiran pantai dan juga bisa sight seeing ke pasar ikan. Kamu juga bisa berpetualang ke bukit menara pandang yang terletak di arah kiri pantai, bukit ini bisa kamu capai dengan menaiki anak tangga.
5. Pantai Kondang Merak
Photos of Pantai Kondang Merak, Malang

image source: Trip Advisor
Jika berkunjung ke kota Malang, pastikan untuk tidak melewati Pantai Kondang Merak yang terletak 2km dari Pantai Balekambang. Walaupun medan yang harus ditempuh untuk sampai ke pantai ini terbilang sulit, namun semua rasa lelah akan terbayar ketika melihat batu karang besar, hamparan pasir putih yang halus, dan juga ditambah dengan pemandangan pepohonan hijau yang seakan menambah kecantikan Pantai Kondang Merak.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Pantai Yang Paling Favorit di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad