Monday, January 27, 2014

Inilah Tips Aman Untuk Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menyenangkan. Bisa bertemu teman baru selain mempererat hubungan pertemanan dengan teman lama. Tetapi walaupun tujuannya untuk kepuasan dan kesenangan, kita tidak boleh melupakan unsur keamanan yang menjadi unsur penting dalam pendakian gunung.

Anda tidak ingin bukan perjalanan jauh Anda yang tadinya menyenangkan menjadi mengenaskan gara - gara Anda mengabaikan unsur keamanan? Berikut tips aman untuk mendaki gunung.

1. Persiapkan Fisik Anda
Mendaki gunung bukanlah hal sepele. Siapkan fisik Anda satu hari sebelumnya. Jangan kurang tidur atau bahkan begadang sebelum Anda naik gunung, karena Anda akan kehilangan konsentrasi Anda. Permukaan gunung yang terjal dan licin ditambah tebing dan jurang bisa membahayakan Anda jika konsentrasi Anda buyar.

2. Siapkan Sepatu Gunung Yang Tepat
Sepatu juga merupakan unsur penting dalam mendaki gunung. Pakailah sepatu yang masih memiliki kondisi bagus. Jika alas sepatu Anda sudah licin dan halus, jangan pernah memakai sepatu tersebut. Juga jangan pakai sepatu yang sudah berumur. Jika sepatu Anda tidak dalam kondisi prima, belilah sepatu baru. Nyawa Anda jauh lebih berharga daripada uang yang Anda keluarkan untuk keamanan Anda.

3. Perhatikan Barang Bawaan Anda
Bawahlah tas yang tepat dan barang secukupnya. Perhatikan berat tas Anda, karena jika beban Anda terlalu berat maka itu akan merepotkan diri Anda sendiri. Bawalah barang secukup dan seperlunya.

4. Jangan Sombong dan Banyak Berdoa
Jika Anda pergi dalam kelompok, selalulah bersama mereka. Jangan pernah menyalip dan saling meninggalkan. Percaya atau tidak percaya, gunung adalah tempat yang sakral. Banyak kejadian dan cerita yang tidak masuk di akal yang terjadi di sana. Tidak ada salahnya menjaga sopan santun dan berperilaku baik selama mendaki.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Tips Aman Untuk Mendaki Gunung Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad