Monday, June 23, 2014

Beranikah Anda Mendaki Gunung Sendiri?

Mendaki Gunung Sendiri, Beranikah?
Suka mendaki gunung? Sebaiknya jangan mengaku pendaki gunung sejati kalau belum pernah mendaki gunung sendirian! Mengapa? Yang jelas sensasinya akan sangat berbeda dibandingkan mendaki gunung beramai - ramai. Mendaki gunung sendirian itu keren! Apa alasannya?

Bisa Bebas Sebebas - Bebasnya!

Mendaki gunung sendirian itu sensasinya memang luar biasa, Kamu bakal merasakan yang namanya bebas, benar - benar sebebas - bebasnya. Pengen bawa bekal semau kamu, atau sekedar jalan - jalan di hutan, tidur pulas seharian di tenda, terserah kamu!

Belajar Percaya Diri Dan Mandiri
Pas banget kalau kamu termasuk orang yang kurang percaya diri. Pasalnya, nekat buat pergi mendaki gunung sendirian itu bisa melatih rasa percaya diri kamu! Kamu bakal lebih berani dan pede buat ngomong sama orang yang mungkin baru kamu kenal.

Mendaki Gunung Sendiri, Beranikah?
Selain itu, sudah pasti kamu bakal ‘terpaksa’ mandiri. Kamu tak bisa dikit - dikit minta tolong ke orang lain atau bolak - balik nanya arah ke setiap orang yang kamu temui. Please! bawa peta, pakai GPS, dan jangan lupa banyakin browsing.

Kesempatan Buat Memanjakan Diri
Kesibukan di sekolah atau tempat kerja mungkin bikin kamu lupa rasanya menyenangkan diri sendiri. Mendaki gunung sendirian jadi kesempatan kamu buat membayar lunas semuanya. Mau lihat apa, ngapain saja, ngecamp dimana, makan atau minum apa, pilih yang bikin kamu happy.

Menjadi Mudah Beradaptasi

Mendaki gunung sendirian bikin kamu belajar biar cepat beradaptasi sama orang - orang baru dan lingkungan baru. Yang satu ini pastinya bakal bermanfaat banget buat keseharian kamu. Siapa tahu kamu tiba - tiba pengen resign dari tempat kerja atau bahkan pindah rumah.

Lebih Berani

Setiap manusia pasti punya rasa takut, apalagi kalau harus mendaki gunung sendirian. Bisa jadi kamu ketemu binatang buas atau pendaki jahil. Kalau kamu bisa mengatasi semua ketakutan itu dan keluar dari comfort zone, berarti kamu udah naik level.

Belajar Sabar

Cobalah mendaki gunung sendirian  Pasalnya, banyak hal yang bisa bikin kamu naik darah selama perjalanan. Misalnya, pas ketemu pendaki rese atau gunung yang kamu akan daki ternyata lagi dilarang buat didaki kemudian tempat yang kamu kunjungi ternyata lagi crowded banget. Dijamin, kamu pulang dan berubah jadi super sabar.

Anti Ribet Masalah Jadwal 
Kalau mendaki gunung sendirian kamu nggak perlu menghabiskan waktu berdebat sama teman - teman kamu buat nentuin kapan atau mau mendaki gunung mana.

Pendaki Lain Jadi Lebih Peduli

Mendaki Gunung Sendiri, Beranikah?
Percaya kalau pendaki lain lebih peduli sama kamu ketika kamu mendaki sendirian? Ketika ketemu pendaki lain di tempat yang kamu kunjungi, biasanya mereka jadi lebih ramah, lebih informatif soal tempat - tempat buat mendirikan tenda atau lokasi menarik di gunung yang mungkin belum banyak orang tahu.

Lebih Mengenal Diri Sendiri
Mau tahu aslinya kamu kayak gimana. Cobain deh mendaki sendirian. Dijamin kamu bakal tahu dan sadar gimana sebenarnya sifat - sifat kamu. Kalau sudah gitu, kamu juga bisa berpikir dan merenung tentang mana sifat yang baik dan mana sifat buruk yang harus mulai dirubah.

Belajar Hal Baru
Salah satu yang paling menarik ketika mendaki gunung sendirian itu bisa belajar hal baru. Banyak hal unik di dunia ini yang mungkin belum pernah kamu lihat atau kamu temui. Yakin deh, dunia ini nggak sesempit rumah, sekolah, kantor, atau tempat kamu nongkrong.

Menghargai Hal Kecil 
Terbiasa cuek sama lingkungan sekitarmu? Mendaki gunung sendirian mungkin bisa merubah hal itu. Ketika sendiri kamu bakal punya lebih banyak waktu mengamati dan menikmati apa yang ada di sekitarmu. Ketika ada pendaki lain yang memberi bantuan, kamu bisa merasakan betapa banyak kebaikan di dunia ini


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Beranikah Anda Mendaki Gunung Sendiri? Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad