Saturday, August 2, 2014

Bunga Edelweis Nan Elok Di Gunung Rinjani

ng Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia apabila kita membicarakan tentang keindahannya seolah tidak akan ada habisnya. Satu hal yang paling diingat para pendaki yang sudah pernah mendaki gunung ini adalah hamparan bunga Edelweis nan eloknya. Sungguh indah dipandang mata.


Gunung Rinjani adalah salah satu gunung yang mempunyai jalur yang cukup jauh dan pemandangan yang indah. Dari padang rumput, batu cadas, hutan cemara, dan Danau Segara Anak yang dilengkapi dengan air terjun serta air panas belerang.

Gunung setinggi 3.726 Mdpl ini ini menyimpan begitu banyak keindahan. Edelweiss adalah satu di antara keindahan yang akan ditemui di Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani pantas masuk daftar sebagai tempat melihat bunga Edelweiss di Indonesia, selain di Tegal Alun ( Gunung Papandayan ), dan Alun - Alun Surya Kencana dan Mandalawangi ( Gunung Gede Pangrango ).

www.belantaraindonesia.org

Bunga yang mendapat julukan bunga abadi dan bernama latin Anaphalis javanica ini merupakan tanaman khas ketinggian yang tumbuh di atas gunung, ribuan meter diatas permukan laut. Bunganya kecil berwarna putih, dan bunga keringnya dapat bertahan lama dan melambangkan keabadian.

Jika mendaki Rinjani dari rute Sembalun Lawang, pendaki akan menemui bunga Edelweiss ini mulai dari sekitaran Pos 3 Pada Balong ketinggian sekitar 1.800 Mdpl. Semakin mendekati camp area di Plawangan Sembalun, bunga ini akan semakin banyak ditemui.

www.belantaraindonesia.org

Perjalanan turun dari Puncak Rinjani saat hari sudah terang adalah waktu yang tepat untuk melihat dan mengagumi keindahan bunga Edelweiss di Rinjani, karena di sinilah tempat yang paling banyak ditumbuhi bunga itu. Mulai dari yang tumbuh didekat tebing, atau berupa hamparan padang Bunga Edelweiss yang beberapa di antaranya bahkan masih berupa tunas yang baru tumbuh
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Bunga Edelweis Nan Elok Di Gunung Rinjani Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad