Tuesday, February 2, 2016

Jelajahi Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara terletak di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tepatnya 27 km dari kota Bantul dan 30 km dari kota Yogyakarta. Pantai ini berdekatan dengan dua pantai lain, yakni pantai Samas dan Pantai Pandansari. Pemandangan pantai ini didominasi oleh rimbunnya pohon cemara udang. Awalnya pohon cemara di pantai seluas 500 meter persegi ini ditanam sebagai pendamping pohon akasia yang berfungsi sebagai pencegah abrasi. Selain itu lebatnya pohon cemara ini dimanfaatkan sebagai penahan angin laut yang membawa rasa asam dan dapat merusak tanaman petani. Namun akhirnya masyarakat memutuskan untuk membudidayakan pohon cemara udang sebagai ciri khas dari pantai ini.

Nama ‘Gua Cemara’ sendiri dipilih bukan karena ada gua di sekitar pantai, tapi berdasarkan keadaan pepohonannya. Awalnya para penduduk sekitar pantai sering melewati pohon cemara dan membabat sebagian batang dan rantingnya sebagai jalan lewat. Bekas babatan mereka menghasilkan lubang yang jika diperhatikan menyerupai gua. Maka semenjak itu pantai Gua Cemara disematkan sebagai nama resminya setelah resmi dibuka pada tahun 2010 untuk para wisatawan. Jadi bukan karena ada gua di pantai tersebut.

Suasana yang tersaji di pantai ini sangatlah nyaman, dan cocok untuk bersantai keluarga. Pasalnya terdapat faktor kenyamanan yang akan menjadi pilihan menarik bagi penggiat wisata alam. Pertama, suasana sejuk nan tentram yang berefek dari puluhan tanaman cemara udang. Pepohonan itu berperan menghangatkan suasana para penghuni di sekitarnya. Tak jarang beberapa wisatawan berbondong-bondong datang membawa serta keluarga, membawa perlengkapan bersantai, menggelar tikar dan menikmati santapan di bawah rindangnya pepohonan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Pantai Goa Cemara Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/