Sunday, July 17, 2016

Suku Kajang Masuk Suku Paling Ditakuti di Dunia

HEBAT!! Suku Kajang Masuk Suku Paling Ditakuti di Dunia
Wisata Budaya - Indonesia adalah Negara Kesatuan yang penuh dengan keragaman. Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan, dll. Namun Indonesia mampu mepersatukan bebragai keragaman itu sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia "Bhineka Tunggal Ika" , yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok sukubangsa yang ada didaerah tersebut.

Indonesia khususnya Sulawesi Selatan patut berbangga dengan kekayaan alam, adat, dan budayanya. Bahkan, salah satu sukunya, yakni Suku Kajang Amma Toa menjadi satu dari enam suku yang ditakuti di dunia.

Seperti dilansir Citizen6.liputan6.com, suku yang mendiami daratan Kabupaten Bulukumba ini dikenal dengan kehebatan ilmu sihirnya. Ilmu sihir yang dimiliki suku Kajang Amma Toa telah populer karena masih kentalnya budaya animisme yang dianut masyarakatnya. Ilmu sihir suku Kajang Amma Toa yang dikenal dengan istilah “doti” disebut-sebut dapat melunakkan kepala seseorang secara tiba-tiba.

Selain Suku Kajang, ada juga Suku Maya. Kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat ini, selain dikenal ampuh dengan sistem kalendernya, juga diyakini mempunyai kemampuan sihir yang mematikan. Mereka dapat memanggil hujan dan mengendalikan cuaca hanya dengan ritual.

Kemudian Suku Maasai. Kehidupan Suku Maasai sangat memegang teguh adat istiadat dan masih hidup secara nomaden antara Kenya dan Tanzania. Suku Maasai terkenal dengan jampi-jampi yang membuat seseorang mampu berlari cepat, melompat tinggi, sistem imun, serta kepiawaian bertempur.

Prosesi Adat Suku Kajang Bulukumba
Lalu Suku Gypsy. Suku ini diyakini mempunyai kekuatan sihir menakutkan yang disebut “lamia”. Ilmu sihir ini mampu mengirim rasa sakit yang tak tertahankan kepada orang yang dituju. Nyaris sama seperti santet, namun lamia cenderung menyerang bagian vital manusia.

Lalu ada juga Suku Indian. Suku yang merupakan penduduk asli Benua Amerika ini mempunyai kekuatan sihir yang disebut “na munda”. Semacam teluh yang bisa melenyapkan seseorang tanpa jejak sedikit pun.

Terakhir, Suku Kikuyu. Suku yang dominan menghuni daratan Afrika ini dikenal dengan ragam tarian yang khas, tetapi bernuansa mistik. Gaya tarian suku Kikuyu dikabarkan dapat memanggil wabah penyakit, hujan, serta mengirim santet. (Citizen6.liputan6.com)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Suku Kajang Masuk Suku Paling Ditakuti di Dunia Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/