Monday, March 25, 2013

Memoirs of Mapala


Banyak sekali unit kegiatan mahasiswa yang ditawarkan oleh kampus. Salah satunya adalah MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam). Intinya dari organisasi ini adalah menampung hobi yang sama antar mahasiswa yaitu yang menyukai kegiatan alam bebas. Di dalam organisasi ini biasanya dibentuk individu yang tidak cuma sekedar menyukai jalan-jalan di alam bebas tetapi juga bertanggung jawab terhadap alam di sekitarnya, latihan berorganisasi yang baik, atau dibentuk menjadi profesional dalam menjelajahi alam.
Tahun 2005 adalah terakhir kali saya mengikuti kegiatan mapala (karena pada tahun itu pula saya lulus kuliah dan mulai bekerja). Waktu itu saya bergabung dengan MAGMAGAMA (organisasi mapala di teknik geologi UGM). Saya cukup aktif di MAGMAGAMA sampai pernah didaulat untuk jadi ketua umum periode 2002-2003. Banyak sekali kegiatan yang pernah saya lewati bersama MAGMAGAMA, mulai dari aktivitas rutin berupa diklat, pendakian massal, susur gua, panjat tebing, kemping dan lain-lain. Banyak sekali yang bisa saya peroleh dari mengikuti organisasi ini; manajemen waktu, hubungan sosial, kebugaran tubuh, event organizer, memperluas pandangan tentang alam dan kehidupan manusia di sekitar kita.
Saat ini sudah susah sekali bagi saya untuk meluangkan waktu jalan-jalan menikmati keindahan alam karena rutinitas bekerja dan ketika hari libur lebih banyak digunakan untuk istirahat di kamar menebus rasa lelah ketika bekerja.
Ini adalah beberapa foto yang masih bisa terselamatkan dari beberapa acara mapala yang pernah saya ikuti. Sebenarnya masih ada banyak dokumentasi dari acara-acara mapala yang seabrek-abrek, tapi karena pada waktu itu belum begitu menyadari bahwa pengorganisiran dokumentasi sangat penting maka hanya beberapa foto saja yang bisa diselamatkan. Foto-foto dibawah ini adalah salah satunya.

Basecamp Diklat Semeru Mountain Trekking Basecamp Diklat


Ada beberapa kegiatan dari foto di atas mulai dari naik gunung, susur gua, rafting, diklat atau sekedar ngumpul-ngumpul di sekertariat yang diberi nama Dapur Magma. Saat ini personel yang ada di foto itu sebagian besar sudah bekerja dan sudah menyebar di seluruh pulau Indonesia. Namanya juga para Geolog…
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Memoirs of Mapala Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad