Friday, May 17, 2013

Mengenal Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan


Anda pernah berlibur ke pantai Tanjung Bira ? Kalau belum, mungkin anda bisa merencanakan untuk berlibur bersama keluarga ke tempat ini.Pantai yang menakjubkan ini berada di daerah Sulawesi Selatan.Suasana alam terasa sangat mengagumkan di pantai yang masih perawan ini.
Lokasi pantai Tanjung Bira terletak 200 km dari Makassar.Selain kawasan pantai yang indah, para wisatawan terkadang mengamati aktivitas masyarakat setempat sehari-hari.Bagi penduduk Bulukumpa dan sekitarnya,pantai ini dijadikan tempat berdagang sekaligus dermaga penyeberangan.
tanjung biraTanjung Bira memang masih dalam tahap pembenahan.Berbagai macam fasilitas masih akan ditambah karena  menurut informasi jumlah wisatawan yang berlibur ke tempat ini makin meningkat setiap tahunnya.Pembenahan lain masih berfokus kepada persoalan minimnya armada kebersihan.Namun, yang patut di banggakan adalah pantainya yang bersih dan nyaman untuk dinikmati. Di ujung pantai, pemandangan karang yang menjorok ke laut terlihat sangat eksotis.
tanjung bira3Tanjung Bira juga dikenal sebagai tempat menyelam. Hanya 10 menit dari Tanjung Bira ada 2 titik penyelaman yang jadi favorit,yaitu Pulau Liukang Lohe dan Pulau Bentang atau lebih dikenal dengan nama Pulau Kambing.
Menjelang tengah malam, para wisatawan berbaur dengan para nelayan yang baru tiba dari melaut, untuk membeli ikan ataupun mengadakan acara menyantap ikan di daerah sekitar pantai. Banyak yang mengatakan, jika ingin melihat segala pemandangan tentang laut, maka datang dan kunjungilah Tanjung Bira.
tanjung bira2Tanjung Bira is in the southern tip of South Sulawesi province, precisely in the District of Bonto Bahari, Bulukumba.
Tanjung Bira beach is already well known to foreign tourists, has now been laid out nicely into a reliable tourist area. Various facilities are available, such as hotels, restaurants, and other means of telecommunication. Bira beach is located about 41 km east of the city Bulukumba.
tanjung bira mapTanjung Bira located about 40 km from Bulukumba, or 200 km from Makassar City. Travel from Makassar to Bulukumba can be reached by public transport with a rate of Rp. 35 000,-. Furthermore, from the City Bulukumba to Tanjungbira can be reached by using public transport with rates ranging from Rp. 8000 to Rp. 10 000,-. Total travel time from Makassar to Tanjung Bira about 3 – 3.5 hours.
In the tourist area of Tanjung Bira, public transport to operate only until the afternoon. When a visitor must return to the city of Makassar on the same evening, there is a car chartered (leased) at the rate of Rp. 500 000,-
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad