Monday, July 15, 2013

Benteng Somba Opu, Potensi Wisata Sejarah Yang Diabaikan

Rintik hujan berlomba menapakkan jejaknya di permukaan tanah ketika kendaraan yang saya tumpangi memasuki kawasan benteng Somba Opu, Makassar. Beberapa pelajar berseragam pramuka meliuk dengan sepeda motornya berboncengan melaju ke arah yang sama. Sebelum rasa bangga saya membuncah melihat kesadaran mereka berkunjung ke tempat wisata sejarah selepas jam sekolah, pemandangan siswa mojok di sekitar pohon dan reruntuhan benteng meredam rasa itu. Sebelum melewati gerbang, tampak menara seluncur waterboom dan bangunan berbentuk kandang burung di dalam kawasan Gowa Discovery Park (GDP) yang pembangunannya sempat mengundang protes keras dari para mahasiswa di akhir 2010 dan awal 2011 lalu.


Spanduk sisa demo pun masih terlihat menggantung dijadikan penutup warung di salah satu rumah adat. Konon pembangunan GDP bertujuan untuk pelestarian kawasan cagar budaya benteng Somba Opu.
benteng somba opu
Yang masih tersisa di Somba Opu
Dari beberapa informasi di media online yang sempat saya unduh disebutkan GDP akan mulai beroperasi di 2012, namun hari itu tak nampak aktifitas layaknya mengejar target di sana mungkin pekerjanya sedang libur. Kendaraan pun melewati gerbang dengan bebas karena tidak ada pos penjagaan hingga sampai di depan Baruga Somba Opu; lalu berputar arah kembali ke depan. Maksud hati hendak bertanya kepada beberapa pemuda yang sebelumnya berkumpul di dekat rumah adat Mamasa, namun begitu sampai di sana mereka sudah tidak ada. Tak adanya petugas yang bisa ditanyai tentang benteng dan sekitarnya, membuat saya menikmati sendiri kunjungan ini. Museum Pattingalloang yang konon menyimpan barang-barang peninggalan kesultanan Gowa pintunya tertutup rapat sehingga saya tidak punya kesempatan untuk melihat koleksinya. Apakah saya salah memilih jadwal berkunjung?
somba opu
Sisa kejayaan Somba Opu
Benteng Somba Opu dibangun pada masa pemerintahan Sultan Gowa IX Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallona pada tahun 1525 untuk menjaga pertahanan dari serangan VOC dan Portugis. Benteng Somba Opu adalah benteng pertahanan terakhir Sultan Hasanuddin dalam perang Makassar (1666-1669) melawan Belanda. Benteng Somba Opu jatuh ke tangan Belanda pada 22 Juni 1669, tapi Hasanuddin tetap tidak mau menyerah hingga akhir hayatnya.
Pada 1669 benteng dihancurkan oleh Cornelis Speelmen-Gubernur Jenderal Belanda yang berkuasa saat itu. Awal tahun 1990-an di kawasan ini dibangun miniatur rumah adat dari berbagai etnis yang ada di Sulawesi Selatan dengan tujuan manjadikan kawasan ini lebih hidup sebagai kawasan wisata budaya. Dari yang saya tangkap masa itu, nantinya kawasan tersebut akan menjadi pusat kebudayaan dimana tiap-tiap daerah akan bergantian menampilkan kesenian daerahnya.
somba opu
Rumah adat Mamasa di Somba Opu
Setelah menyusuri sisa-sisa kejayaan kesultanan Gowa, saya kembali ke kompleks rumah adat Toraja yang di dalamnya terdapat 3 (tiga) bangunan rumah adat yang disebut tongkonan dan 3 (tiga) buah lumbung atau alang. Sebuah bangunan permanen berbentuk panggung berada di sisi kanan sebagai tempat pertunjukan kesenian dibiarkan terbengkalai, di atasnya terdapat poster berukuran besar Zaenal Tayeb investor yang membangun GDP berpose dengan Yassin Limpo ditemani burung-burung. Pada spanduk itu tertulis,”Selamat Datang, Mohon Doa Restu” disisinya master plan GDP ikut dipajang.
Bebeberapa catatan yang perlu menjadi perhatian pemprov jika ingin mengembangkan kawasan benteng Somba Opu menjadi kawasan wisata yang potensial adalah:
  • Denah lokasi, hal kecil tapi cukup penting menurut saya. Ditempatkan di kiri gerbang masuk dengan posisi terbalik membingungkan pengunjung untuk mengurutkan lokasi yang tergambar di denah. Jika melihat denah di papan petunjuk berikut, seharusnya papan diletakkan di sisi kanan gerbang.
somba opu
Denah benteng Somba Opu
  • Tujuan pembangunan Taman Mini Sulawesi Selatan pada masa Ahmad Amiruddin tentulah untuk mendayagunakan kawasan benteng Somba Opu, sayangnya tidak berjalan sesuai rencana. Bahkan saat ini di kawasan tersebut juga dibangun GDP dengan tujuan untuk menjaga kelestarian kawasan benteng. Dimana korelasinya?
  • Menetapkan dengan jelas biaya perawatan rumah adat menjadi beban pemprov apakah masing-masing daerah? Sejauh mana kewajiban dari pemegang mandat untuk melakukan tugas perawatan dan pemeliharaan sarana yang ada?
  • Menghidupkan kembali kawasan yang lama mati suri dan menggelar kegiatan yang bermutu dan berkelas seperti : pameran, konser musik, sendratari dan lain sebagainya sehingga menarik pengunjung untuk datang.
  • Jika Zaenal Tayeb ingin membangun satu kawasan wisata bermain yang bermanfaat bagi masyarakat Sulawesi Selatan (menandingi Trans Studio?) mungkin bisa melihat apa yang dilakukan oleh Sastro Sendjojo dengan Jatim Park-nya di Batu, Malang. Di lahan seluas 15ha Jatim Park 2 tidak hanya sebagai kawasan wisata edukasi tapi pengelola juga menyediakan pelayanan kesehatan berupa poli gigi gratis untuk masyarakat sekitar dan taman bacaan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Benteng Somba Opu, Potensi Wisata Sejarah Yang Diabaikan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad