Wednesday, August 14, 2013

Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Abang Batam

“Hah? Beneran di batam bisa snorkeling? Terumbu karang-terumbu karang  gitu? Ciyuss? Enelan?”
Mungkin begitu tanya banyak orang batam kalo saya bilang saya habis snorkeling di Batam. Tepatnya di Pulau Abang. Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah: Ciyuss. Enelan. (ˆ▽ˆ)
Minggu lalu saya dan teman-teman sekantor snorkeling di Kepulauan Abang, Barelang, Batam. Detail pulau abang itu di mana, bisa anda baca di post sayayang ini, atau buka aja wikimapia.org
Jam 9 pagi kami bertujuh sudah sampai di Pelabuhan Asim, Galang Baru. Tak terlampau lama menunggu, boat bookingan kami tiba. Kami naik, dan boat bermesin ganda tersebut langsung melaju menuju spot snorkeling pertama. Kala itu, langit cerah berhias awan.
Spot pertama kami adalah di sekitar Pulau Hantu. Tak perlu paranoid, namanya saja yang berhantu, pulaunya aman. Hehe. Pasang fins, pasang mask, pasang snorkel, bismillah.. hup! Badan saya pun serta merta mengambang di atas laut. Ini pengalaman pertama saya snorkeling dengan peralatan lengkap. Biasanya asal cebar cebur di laut.
How does it feel? Nyaman bro. Nggak butuh effort apa-apa. Cukup ngambang doang di permukaan laut, dan terumbu-terumbu karang indah di bawah sana sudah kelihatan. Nafas? Tak perlu bimbang, kan ada snorkel. Tak bisa berenang? Tenang, ada life jacket kok, hahaha. Beneran ini.
Pemandang bawah lautnya, wow, bagus bro! Gimana ya njelasinnya? Ya macam di tv-tv itu lah. Kalau ada liputan tv snorkeling di Bunaken atau Pulau Tidung Kepulauan Seribu, kurang lebih seperti itulah pemandangan bawah laut pulau hantu. Btw, untuk mempermudah ngetik, selanjutnya terumbu karang saya tulis ‘coral’ saja yak.
Coral pulau hantu tampil dengan dominan warna coklat. Diikuti warna hijau, dan warna ungu. Sesekali tampak coral berwarna kuning atau kemerahan. Bentuknya macam-macam; bentuk otak, jamur kuping, bunga, mangkok-mangkok, hingga berbentuk kue lebaran! ngahaha. Rata-rata sih bentuknya abstrak yang sukar saya definisikan dengan kata-kata #tsah. Intinya; keren.
Dari perairan pulau hantu kami pindah ke Pulau Sepintu. Coralnya sama keren. Dan di perairan pulau sepintu ini terdapat banyaaak sekali ikan teri, entah spesies apa. Seru juga bisa berenang di tengah-tengah ribuan ikan itu. (´⌣`ʃƪ) Andai ada jaring, bisa dibawa pulang buat lauk di rumah. (>_<)
Satu hal yang mengganjal di hati saya; sedari tadi saya belum menemukan spesies clownfish(nemo) yang biasanya hidup di antara anemon laut. Bukankah itu ciri khas perairan bercoral…? Cmiiw.
Tepat tengah hari, kami merapat ke Pulau Rano. Pasir pantainya bro, Beeeuhh.. putih melepak, mulus menggemaskan! Kalah paha amoy BCS.
Di tepi pantai ini, di bawah nyiur melambai, kami menikmati santap siang. Agak susah membedakan mana nasi mana pasir karena warnanya sama putih. Sehabis makan, saya lanjut sholat. Wudhu cukup dengan air laut, sholat cukup beralaskan pasir. Tsah!
Setelah makanan turun ke lambung, kami pun melanjutkan aktivitas snorkeling session kedua. Lokasinya balik lagi ke Pulau Hantu. Nggak bosen? Tidak, bagaimana bisa bosan memanjakan mata melihat indahnya mahluk-mahluk ciptaan Allah yang hidup persis di bawah permukaan laut ini. Dalam hati tak putus rasa syukur bisa menikmati keindahan negeri sendiri. Orang singapura saja mau snorkeling harus keluar negeri.
***
REKOMENDASI:
Pengen snorkeling ke pulau abang juga? Bisa bisa. Tapi kalau boleh ngasih rekomendasi, lebih baik teman-teman snorkeling ke Pulau Petung saja. Lokasinya sama-sama di kawasan Barelang kok. Bedanya: di Pulau Petung banyak ikan nemo (´⌣`ʃƪ) dan arusnya tidak kencang seperti pulau abang.
Nah, di Batam sudah ada penyedia jasa snorkeling dan diving ke pulau petung. Namanya PT. Mutiara PermataTrip snorkeling yang disediakan Mutiara Permata fully serviced. Berangkat dari shop Mutiara Permata pukul 08.00 pagi, nyebrang dengan boat ke pulau petung, snorkling di satu spot, makan siang (disediakan), snorkling di satu spot lain lagi, terus sorenya diantar pulang ke batam.
Biayanya Rp.400.000/orang. Minimal ada 6 orang dalam satu trip. Cocok nih buat snorkeling bareng rekan sekantor, teman sekelas atau kawan sekomunitas.
Info lebih lanjut atau booking, silakan hubungi Ibu Ana di081277429844(call/sms). Booking jauh-jauh hari yak biar nggak keabisan tempat.
Alamat shop Mutiara Permata di sini –> Ruko Mega Legenda Blok B3 No.6, Batam Center, Batam.
***
Foto-foto bawah laut saya di pulau petung menyusul di post berikutnya ya! \(´▽`)/
Berangkat!
Berangkat!
Naik boat
Naik boat
Turun
Turun ke laut
Snorkeling Batam 5
Snorkeling Batam 6
Singgah di Pulau Rano
Singgah di Pulau Rano
mencari posisi 'pw' buat makan
mencari posisi ‘pw’ buat makan
Pasirnya, lautnya.. (´⌣`ʃƪ)
Pasirnya, lautnya.. (´⌣`ʃƪ)
Snorkeling Batam 91
Snorkeling Batam 92
Snorkeling Batam 93
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut Pulau Abang Batam Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad