Sunday, September 8, 2013

Tips Jelajahi Bumi Nusantara


Buat sobat sobit PLH Indonesia, tidak ada salahnya menyimak tip kami saat melakukan perjalanan menjelajah gunung dan hutan adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Selain memanjakan mata dan hati dengan pemandangan luar biasa alam raya karya Tuhan, juga bisa untuk menambah ilmu pengetahuan Anda akan pentingnya menjaga alam dari kepunahan. Tetapi ada hal - hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan penjelajahan Bumi Nusantara. Dan berikut ini beberapa tips - tips bagi Anda.




IKUTI JALUR YANG SUDAH ADA
Menelusuri gunung dan hutan tidak sembarang melangkahkan kaki. Anda harus berjalan dengan arah yang benar agar tidak tersasar. Ketika Anda menjelajah gunung dan hutan yang sudah sering dikunjungi sebelumnya, tentu sudah ada jalan jelas yang bisa Anda ikuti. Jangan langsung membuat jalan baru dengan cara menebang pepohonan dan semak - semak.

Ikutilah jalur yang telah tersedia. Jalur jalan setapak meski tidak terlalu jelas namun masih bisa terlihat. Injaklah tanah kosong yang tidak ditumbuhi tanaman. Jangan sampai sepatu Anda membuat beberapa tanaman mengakhiri hidupnya. Anda baru boleh membuka jalur baru bila tak ada jalur asli.

JANGAN MUDAH MEMATAHKAN DAHAN ATAU MEMOTONG BADAN POHON
Kala menjelajah, ada saatnya harus membuat tanda agar tidak lupa arah pulang. Mematahkan dahan atau memotong badan pohon merupakan beberapa cara untuk menandakan jalur Anda. Urungkan niat untuk merusak alam, Anda bisa membawa pita untuk diikatkan ke pohon atau dahan.

Pita atau tali bisa jadi alternatif lain menandakan jalur yang sedang Anda tempuh. Alih - alih melukai pohon, Anda bisa melilitkan pita atau tali tersebut di pohon. Pilihlah yang berwarna terang, agar mudah terlihat.

SEDIAKAN TRASH BAG
Tak layak rasanya membuang sampah di tempat yang tak kenal sampah. Sediakan kantong untuk menampung sampah Anda selama perjalanan atau Trash Bag. Jangan biarkan secuil sampah menyentuh tanah hutan. Jika Anda menemukan sampah di sepanjang jalan, ada baiknya ikut mengangkut sampah tersebut dan memasukkan ke dalam kantong sampah. Dengan begitu, Anda sudah membantu melestarikan alam.

JANGAN MENIMBULKAN SUARA GADUH
Menjelajah gunung dan hutan biasanya berkelompok. Namun bukan berarti karena Anda jalan berkelompok bisa membuat kegaduhan. Mengobrol boleh saja, tapi jangan terlalu berisik. Suara gaduh di hutan bukan saja bisa mengganggu ketenangan hewan, tapi juga bisa membahayakan Anda. Suara berisik Anda bisa menarik perhatian hewan buas, seperti Harimau.

HINDARI BERSENTUHAN DENGAN HEWAN
Orangutan atau jenis monyet lainnya mungkin memang lucu. Tapi bukan berarti Anda bisa sembarang bersentuhan langsung dengan mereka. Usahakan untuk tidak melakukan kontak tubuh karena bisa mengganggu kehidupan mereka. Bau manusia tidak sama dengan bau hewan dan saat bau Anda menempel di mereka, bisa - bisa mereka dijauhi koloni.

Selain mengganggu mereka, menyentuh hewan liar juga bisa membahayakan Anda. Hewan tersebut tidak kenal dengan manusia. Jika Anda menyentuh, bisa dikira ingin membahayakan mereka. Insting mempertahankan diri mereka bisa membuat Anda diserang

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Jelajahi Bumi Nusantara Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad