Wednesday, December 10, 2014

Mengenal Leang Londrong Pangkep

Lokasi : Leang Londrong Pangkep
Masyarakat setempat menyebut kawasan ini dengan julukan leang lonrong, atau gua berair, saya pun tak tahu banyak mengenai asal usul mengapa Kawasan ini di namakan Leang Lonrong, 

Leang Lonrong terletak di Desa panaikang, kec. minasa te’ne, yang berjarak kurang lebih 12 kilometer bagian selatan kota kabupeten pangkep.

Sampai sekarang perbukitan Leang Lonrong terdapat mata air, yang sampai sekarang ini dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber air bersih, dan untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk mengairi areal persawahan di sekitarnya.

Walaupun kawasan Leang Lonrong dipergunakan sebagai sumber air bersih, akan tetapi potensi wisata yang dimilikinya begitu menarik, bahkan pemerintah kabupaten pangkep sudah menerbitkan peraturan bagi para pengunjung yang hendak menikmati sumber air leang lonrong, hanya dengan dengan membayar karcis masuk seharga 2.000 rupaih untuk orang dewasa, dan 1.000 rupiah untuk anak-anak.

Leang Londrong Pangkep
Konon, sumber mata air yang memenuhi kolam pada kaki bukit di kawasan leang lonrong, sampai sekarang ini tak ada seorangpun yang mampu menemukan sumber mata airnya yang terdapat dalam areal gua di leang lonrong ini. Hasbihtc bersama rombongan waktu itu meyempatkan diri untuk menelusuri gua Leang Lonrong namun hasbihtc tidak mendapati titik sumber mata airnya, padahal kami sudah jauh berjalan kedalam gua sekitar 3 jam, namun tak juga membuahkan hasil.

Kawasan wisata kabupaten pangkep khusunya kawasan Leang Lonrong dengan potensi wisata yang dimilikinya ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, hendakanya pemerintah kabupaten pangkep, atau pihak yang terkait (dinas pariwisata pangkep) harus lebih memperhatiakan potensi yang dimiliki oleh kawasan wisata leang lonrong.
Di tempat tersebut para pengunjung dapat disuguhkan dengan kejernihan dan kesegaran sumber mata air dan hiasan bebatuan stalagmit dan stalagtit, Objek wisata Leang Lonrong merupakan pilihan tempat rekrekreasi yang menjanjikan. Demikian ulasan singkat terkait obyek wisata yang terdapat di kabupaten pangkajene kepulauan semoga dapat menjadi bahan referensi jika ingin berwisata ke Pangkep.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Leang Londrong Pangkep Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/