Sunday, November 29, 2015

Jelajahi Air Terjun Sri Gethuk "Green Canyon" Jogja

Air Terjun Sri Gethuk - Jogja
Mungkin tak pernah ada dalam bayangan anda, dimana daerah yang terkenal tandus ternyata menyimpan sebuah kekayaan yang indah berupa air terjun. Inilah air terjun Sri Gethuk dan terkenal dengan ‘Green Canyon’nya Jogja. Apakah anda tertarik untuk mengunjungi obyek wisata air terjun Sri Gethuk ini? Jika anda liburan ke Jogja, maka tempat wisata yang satu ini jangan sampai anda lewatkan.

Air terjun Sri gethuk ini terletak di kawasan desa wisata Bleberan. Desa ini terdapat dua objek wisata andalan yaitu Air Terjun Sri Gethuk dan Juga Gua Rancang Bangun yang jaraknya tidak terlalu jauh. Tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 50 Km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Sayangnya tidak ada angkutan umum yang aksesnya hingga ke lokasi ini, sehingga pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa jasa rental mobil yang tesebar di kota Jogja.

Perjalanan menuju ke air terjun Sri Gethuk ini sungguh menyenangkan. Bagi pengunjung yang baru pertama kali ke daerah Gunungkidul pasti akan terkagum-kagum melihat daerah yang terkenal dengan tanah kapur serta gersang dan tandus. Tapi, ketika pengunjung memasuki kawasan desa wisata Bleberan, anda akan menjumpai banyak pohon jati dan pinus serta pada musim tertentu pengunjung bisa menyaksikan tanaman jagung yang hijau.

Keindahan yang mengagumkan lain, bisa anda temui ketika anda sudah melewati pos tiket masuk desa wisata Bleberan. Anda akan menjumpai hamparan sawah luas, serta aneka tanaman palawija yang ditanam oleh penduduk setempat.

Ketika pengunjung sampai di area tempat parkir air terjun Sri Gethuk, maka pengunjung bisa melihat sungai Oyo yang jernih, namun terkadang air akan berwarna kecoklatan. Biasanya terjadi setelah hujan karena air membawa endapan dari hulu sungai.

Pengunjung tidak akan menemukan air terjun Sri Gethuk ketika sampai di area tempat parkir. Karena untuk menuju lokasi air terjun harus berjalan kaki meyusuri sungai Oya sekitar 1 km. Atau bisa menggunakan perahu dengan membayar Rp.10.000,-. Dan kebanyakan pengunjung lebih memilih menggunakan perahu karena bisa menyaksikan sungai Oya diapit dengan tebing-tebing yang tinggi.

Sampai di lokasi anda akan melihat ada tiga air terjun utama yang tingginya sekitar 50 meter. Dan disini pengunjung bisa bermain air yang jernih tepat dipinggir sungai Oya dan juga tempat yang paling asyik untuk berselfie dengan background air terjun.

Bagi anda yang ingin berenang di sungai Oya, petugas wisata sudah menyiapkan pelampung yang bisa disewa. Jika ingin menelusuri sungai Oya dengan pelampung, maka petugas wisata bisa menjadi pemandu anda untuk selusur.

Tiket masuk wisata air terjun Sri Gethuk ini sangat murah hanya Rp.5000 / orang. Harga tiket ini sudah termasuk untuk masuk Goa Rancang. Lokasi objek wisata air terjun Sri Gethuk ini berada di desa wisata Bleberan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka mulai pagi pukul 8 hingga sore hari tiap harinya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelajahi Air Terjun Sri Gethuk "Green Canyon" Jogja Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/