Latest News
Monday, March 28, 2016

Investor Asal Eropa Siap Kembangkan Pulau Gusung di Selayar

Liang Kareta Gusung Selayar
Investor asal Negara Eropa, Rumania berencana membangun 52 cottage di Pulau Gusung, sebelah barat daratan pulau Selayar. Hal itu disampaikan Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali saat menerima kedatangan Managing Partner Paradise Management Consultants, Iwan J P Syahlani perwakilan investor dari Rumania, di Rumah Jabatan Bupati Selayar, Minggu malam (27/3/2016). 

Kedatangan mereka baru untuk mengekspose pulau dan presentase terkait rencananya seperti master plan terkait desain cottage yang akan dibangun di pulau tersebut,”kata Basli Pada paparannya Iwan mengatakan, pembangunan di Pulau Gusung, Selayar, banyak hal yang harus menjadi perhatian pemerintah. Misalkan, pada master plan cottage yang menjadi hambatan yakni penyediaan air bersih dan listrik. Menyikapi hal itu, Basli Ali menuturkan, untuk ketersediaan air bersih ia akan meminta PDAM dan dinas terkait untuk menindaklanjuti keluhan dari investor. 

Namun, sebelumnya ia perlu mengkaji ulang mencari sumber air untuk memenuhi kebutuhan para investor. Kendala lainnya, ungkap Basli, infrastruktur jalan yang masih perlu dibenahi. Pada 2017 mendatang, Bupati yang baru menjabat ini berjanji akan konsentrasi pada pembenahan akses-akses jalan kesemua tempat pariwisata di kepulauan Selayar. “Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar terus berbenah dalam pengembangan pariwisata sesuai dengan potensi yang ada dengan harapan para investor dapat melirik daerah ini,” ungkapnya Tahun ini, lanjut Basli, Anggaran ABPD akan difokuskan pada pengembangan sektor pariwisata. 

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kepulauan Selayar. “sektor pariwisata kita genjot, maka lapangan kerja semakin banyak yang tentunya berdampak mengurangi pengangguran bahkan mampu mencegah praktek ilegal fishing,”pungkas Basli. Menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya telah Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Di hadapan menteri, ia memaparkan berbagai potensi yang dimiliki daerahnya dengan harapan adanya dukungan penuh Kemenpar untuk menggarap potensi wisata di Selayar. 

Insya Allah Kabupaten Kepulauan Selayar akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata. Saya harap dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan program ini,” beber Basli Ali.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Investor Asal Eropa Siap Kembangkan Pulau Gusung di Selayar Rating: 5 Reviewed By: PLH Silajara