Monday, May 27, 2013

Pulau Gusung Kepulauan Selayar, Sejuta Keindahan Yang Terlupakan Pengembangannya



Lokasi Pesisir Pantai Pulau Gusung

Pulau Gusung adalah pulau yang terletak di kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar[1], Sulawesi Selatan, Indonesia. Pulau ini berada tepat disebelah barat Pulau Selayar dengan jarak ± 1 mil dari kecamatan Benteng ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar atau sekitar 15 menit perjalanan melalui jalur laut[2]. Pulau Gusung berseberangan dengan Pulau Pasi (terletak di bagian selatan pulau Gusung) dan hanya dipisahkan oleh selat kecil yang dinamai Tarrusang. Pulau Gusung terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu Gusung Barat dan Gusung Timur, semuanya tergabung dalam wilayah desa Bontolebang, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pulau Gusung merupakan pulau terluar bagian barat Kabupaten Kepulauan Selayar dengan titik koordinat 6°7′26,39″LU 120°24′54,38″BTKoordinat: 6°7′26,39″LU 120°24′54,38″BT. Disekitar pulau biasanya digunakan sebagai lokasi diving dan tempat memancing terutama yang mengarah ke Laut Sulawesi. Beberapa warga memanfaatkan daerah dipinggir pulau sebagai area tambak beberapa jenis ikan laut yang berkualitas ekspor dan jenis lobster.

di Pulau Gusung terdapat Gudang penyimpanan kopra peninggalan Belanda dan peta kuno, yang mungkin sebagian besar masyarakat Selayar belum mengetahui keberadaan tersebut.
Peta Kuno Peninggalan Belanda

Label Gudang Kopra peninggalan Belanda

Menelusuri Gudang Penyimpangan Kopra Peninggalan Belanda

di Pulau Gusung terdapat Selat kecil yang dinamai Tarrusang yang menyatukan Pulau Gusung dengan Pulau Pasi. di tempat inilah biasa dijadikan diving ria bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam bawah laut.
nikmati keindahan karang meski tanpa alat selam

melakukan penyelaman tanpa menggunakan alat, juga bisa
pesisir pantai Pulau Gusung

disenja hari, kita dapat menikmati sunset

Menelusuri pantai dengan sampan rakyat, tanpa biaya

Pulau Gusung menyimpan sejuta keindahan yang belum disentuh Pemerintah setempat untuk dikembangkan
posting by : Amri anto plh Silajara

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pulau Gusung Kepulauan Selayar, Sejuta Keindahan Yang Terlupakan Pengembangannya Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad