Tuesday, September 24, 2013

Sultan Agung Batam Go Green

Kepala Sekolah Sultan Agung, Saiful Nashri, di Batuampar
SEKOLAH yang mengadopsi kurikulum international dan  peduli tentang lingkungan Sultan Agung Batam meningkatkan kualitas Program Go Green.
‘’Program Go Green Sultan Agung ini sudah mulai dilaksanakan sejak pindah ke gedung baru, pada Mei 2013. Kualitas program ini lebih ditingkatkan lagi sejak Selasa (17/9/2013),’’ sebut Saiful Nashri di Komplek Sekolah Sultan Agung Batam, Taman Raya, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Jumat (20/9/2013).
Acara didukung Ketua Yayasan Sultan Agung Batam Fiady Minarsa SE. Sedangkan Go Green ini didukung dan dilaksanakan langsung oleh Koordinator Taman/ Lingkungan Rahmad Nur Prihadi, SP dan Desy Handayani SPd.
Hasil nyata dari program yang dikerjakan siswa-siswi, guru dan staf Sultan Agung tersebut yaitu semakin hijaunya kiri dan kanan jalan utama di sekitar sekolah dan lingkungan sekitarnya.
Dalam kegiatan tersebut ujar Saiful, semua siswa, guru dan staf terlibat dalam proses penanaman pohon. Semua sangat gembira melakukan proses penanaman dan merawat pohon-pohon. Karena langsung menanam, dari jiwa mereka tumbuh rasa memiliki dan menjaga (tanaman, red) yang telah mereka tanam tersebut.
Saiful mengakui, tanaman tadi di samping menjadi pohon pelindung, juga menjadi taman bagi siswa, dan masyarakat sekitarnya. Kawasan tersebut semakin sejuk dan teduh. Terlebih di malam hari. Suasana di sekolah dan sekitarnya terasa sangat sejuk dan dingin. Ini sangat cocok untuk mengatasi kondisi Batam yang relatif panas.
Program menanam pohon ini ujar Saiful, masih akan berjalan terus. Kini, Sultan Agung sedang menyiapkan program lanjutan dengan mengajak kerja sama instansi terkait untuk menanam pohon pelindung lainnya. Salah satu lembaga yang dibidik adalah Kebun Bibit Rakyat (KBR), Badang Pengusahaan (BP) Batam, Pemko Batam atau dinas terkait lainnya.
Tujuan dari kerja sama ini untuk memudahkan mencari dan mendapatkan bibit untuk ditanam. Sultan Agung juga bersedia sekolahnya dijadikan proyek percontohan atau menjadi tempat penanaman pohon penghijauan oleh lembaga atau dinas  terkait, baik tingkat Kota Batam, atau Provinsi Kepri. Program Go Green sangat sejalan dengan program pemerintah pada khususnya dan dunia pada umumnya dengan tujuan melestarikan lingkungan akibat pemanasan global.
Positifnya, siswa Sultan Agung sudah tahu bahwa go green diwujudkan dengan gerakan penghijauan dan menghijaukan bumi. Bagian dari bumi sudah banyak rusak akibat industri, polusi, kebocoran lapisan ozon, sehingga terjadilah global warming. Menanam pohon adalah bentuk nyata untuk mencegah dan mengurangi global warming sekarang ini. Akhir September ini, Sultan Agung akan menggelar program Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).
Secara akademik, Sultan Agung terus melaksanakan berbagai kegiatan untuk meng-up grade potensi ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), serta iman dan takwa (Imtak) para siswanya. Misalnya dengan program peternakan/ perkebunan untuk melatih pem-belajaran sains (IPA). Kunjungan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana konsep IPA bekerja. Lalu ada ektrakurikuler berupa marching band, futsal, karate, Dance Club, English Club, Science Club, Mathematics Club, Quran Club,  Religion Club, Calistung, dan lainnya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sultan Agung Batam Go Green Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad