Sunday, June 29, 2014

Menengok Ritual Mandi Balimau Kasai di Pantai Tanjungpinggir Batam

Ritual mandi Balimau Kasai dalam menyambut bulan suci Ramadhan di Pantai Tanjungpinggir.
Ribuan warga Kabupaten Kampar Riau yang berdomisili di Kota Batam menggelar ritual mandi Balimau Kasai dalam menyambut bulan suci Ramadhan di Pantai Tanjungpinggir, Sekupang Sabtu (28/06/2014) pukul 14.30 WIB. Sedikitnya 5 ribu masyarakat Kampar hadir dalam acara tersebut.

Acara ini jadi tradisi setiap tahunnya untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Ikatan Keluarga Kampar (IKK) yang tinggal di Batam selain melakukan tradisi mandi Balimau Kasai, mereka juga makan bersama bekal yang dibawa dari masing-masing keluarga.

Tokoh masyarakat Kampar, H Zainal Abidin mengatakan setiap keluarga yang datang di acara ini selalu membawa nasi masing-masing dan dikumpulkan, mereka nanti makan bersama dengan lauk yang dibawa.

"Ritual mandi Balimau Kasai agar tubuh dan rohani dan jasmani bersih dan suci agar melakukan ibadah puasa amal ibadahnya diterima," ujar Zainal yang juga Wakil Ketua II DPRD Kota Batam.

Beberapa anak dan pemuda warga Kampar mengambil tempat di depan laut Tanjungpinggir untuk bersiap ritual penyiraman air limau (jeruk), kunyit dan beras kuning.

"Limau, kunyit dan beras kuning beraroma wangi itu cuma simbol pembersihan secara jasmani dan rohani," kata Zainal.

Anak-anak dan para remaja yang sudah siap langsung disiram oleh para tokoh yang dituakan dan ibunya menyiramkan air limau ini diiringi doa-doa.

Penyiraman Balimau Kasai diawali dengan ke kepala para anak-anak, selanjutnya beberapa tokoh Kampar bergantian melakukan penyiraman.

Selain melakukan tradisi mandi Balimau Kasai ribuan masyarakat Kampar bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan satu sama lainnya.

"Tradisi ini juga telah jadi perekat silaturahmi masyarakat Kampar mereka bisa bertemu, bercengkerama dan saling tukar pikiran satu sama lain," ujar Zainal.

Di penutup acara Balimau Kasai juga diserahkan santunan kepada anak yatimyang  dananya diambil dari donasi masyarakat Kampar saat acara berlangsung.

"Jadi Balimau Kasai ini punya makna komplit bukan sekedar tradisi mandi-mandi saja karena itu juga kami warga Kampar di Batam antusias menyambut bulan suci Ramadhan," pungkasnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Ritual Mandi Balimau Kasai di Pantai Tanjungpinggir Batam Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad