Tuesday, August 26, 2014

Menengok Mistis Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 Mdpl yang dapat didaki dari arah timur melalui Linggarjati, dari arah selatan melalui Palutungan dan dari barat melalui Maja ( lewat Apui dan lewat Argalingga ). Akan tetapi Jalur Linggarjati dan jalur Palutungan adalah jalur yang paling banyak dilalui, dan merupakan jalur yang dianjurkan oleh pihak PERHUTANI pengelola kawasan hutan di sekitar Gunung Ciremai.

Selain akrab dengan dunia pendakian, Gunung Ciremai juga akrab dengan hal berbau mistis. Apa sajakah itu? Berikut ini Yang Mistis Di Gunung Ciremai yang bisa Anda ketahui.

Singgasana Nini Pelet 
Konon, Gunung Ciremai dipercaya sebagai singgasana kerajaan Nini Pelet. Menurut kisah dalam buku berjudul: Rahasia Pelet, Nini Pelet ini merupakan tokoh yang memiliki kesaktian hebat, khususnya di bidang percintaan. Dia adalah tokoh yang merebut kitab "Mantra Asmara" ciptaan tokoh sakti bernama Ki Buyut Mangun Tapa.

Salah satu isi dari ajian dalam kitab tersebut adalah ilmu "Jaran Goyang" yang dikenal ampuh mengikat hati lawan jenis. Uniknya, ilmu itu sampai kini masih dipelajari oleh kebanyakan orang, terutama para paranormal.

Air Seni Jangan Menyentuh Tanah
Salah satu mitos yang berkembang soal Gunung Ciremai adalah larangan membuang air seni ke tanah. Biasanya pantangan itu diberitahu oleh kuncen Ciremai kepada para pendaki gunung tertinggi di Jawa Barat itu.

Konon, jika tak dituruti akan mendapat bala. Karenanya, tak jarang banyak dahan dan ranting pohon di jalur pendakian Gunung Ciremai digantungi plastik atau botol plastik yang berisi air seni.

Namun demikian, banyak juga orang yang tak percaya dan tetap buang air seni seperti biasa. Hal itu kembali ke diri masing - masing apakah mau percaya atau tidak.

Batu Lingga Keramat
Di Gunung Ciremai terdapat sejumlah pos atau blok yang dipercaya memiliki aura mistis. Salah satunya adalah blok Batu Lingga.

Penduduk setempat bahkan sangat mensakralkan tempat itu. Untuk menghindari hal - hal yang tak diinginkan, para pendaki bahkan dilarang menduduki sebuah batu besar atau berbuat yang tak senonoh di tempat itu.

Konon batu - batu di lokasi itu menjadi tempat pertapaan Nini Pelet. Batu itu juga kabarnya pernah menjadi lokasi khutbah salah seorang Wali Songo.

Di dekat Batu Lingga juga terdapat sebuah kenangan seorang pendaki yang meninggal. Kabarnya pendaki itu meninggal dengan aneh di Batu Lingga. Menurut kepercayaan, blok Batu Lingga dijaga oleh dua makhluk halus bernama Aki dan Nini Serentet Buntet.

Sarang Harimau Bermata Satu 
Konon kabarnya Gunung Ciremai menjadi sarang harimau bermata satu. Menurut legenda, makhluk itu merupakan tunggangan sekaligus sekutu dari Nini Pelet.

Kabarnya, harimau bermata satu itu tinggal di antara rimbun ranting kering yang menyerupai goa di gunung itu. Dari tempat itu dapat terlihat hamparan langit dan awan yang luas. Tak hanya itu, latar Gunung Slamet pun dapat terlihat jelas dari tempat itu.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Menengok Mistis Gunung Ciremai Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad