Thursday, October 15, 2015

Pesona Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango
Taman Nasional Gunung – Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua yang dimiliki Indonesia. Diresmikan sejak 1980 berdasarkan SK Menteri Pertanian, taman nasional ini memiliki luas lahan lebih dari 22.000 hektar, yang sebagian besar wilayahanya ditutupi hutan hujan tropis yang selalu basah. Bahkan di musim kemarau, vegetasi hutannya mampu menjaga kelembaban untuk tetap basah.

Di kaki Gunung Gede menawarkan hamparan pemandangan alam yang luar biasa indah. Perkebunan sayur yang berjajar rapi terbalut mentari pagi menjadi keindahan yang bisa dinikmati di awal pendakian. Terdapat dua pilihan jalur untuk bisa mencapai puncak Gunung Gede, yaitu via jalur Gunung Puteri dan via Cibodas.

Puncak Gunung Gede berada pada ketinggian sekitar 2.900 Mdpl. Pada 1.000 meter pertamanya, jalur pendakian didominasi oleh pohon - pohon dengan batang dan akar yang besar, seperti pohon rasamala. Sedangkan di bagian medio sebelum menggapapi puncak, tumbuhan makin sedikit, dan karakternya nampak berbeda jika dibandingkan dengan tumbuhan di ketinggian sebelumnya.

Selain kaya akan berbagai flora, TNGP juga kaya akan berbagai fauna yang melingkupinya. Jika beruntung pandaki akan melihat sekawanan Owa Jawa dan beraneka burung, seperti burung Elang dan burung hantu. Hutan TNGP juga merupakan habitas asli bagi kawanan monyet dan bermacam - macam serangga yang bahkan mungkin belum dinamakan secara ilmiah.

Pada bagian akhir pendakian, Gunung Gede dihiasi oleh vegetasi tumbuhan yang memiliki ukuran lebih kecil dan daunnya berwarna lebih cerah, seperti Edelweis dan Cantigi yang banyak terlihat di sepanjang alun - alun Surya Kencana.

Gunung Gede Pangrango
Alun - alun Surya Kencana yang memiliki luas lebih dari 5 hektar, menjadi lokasi yang paling digemari oleh para pendaki untuk membuka tenda dan bermalam.

Dari alun - alun Surya Kencana hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak Gunung Gede. Sepanjang perjalanan singkat ini banyak ditemui pohon Cantigi. Pohon yang bernama latin Vaccinium varingiaefolium ini merupakan salah satu tumbuhan yang mampu bertahan pada lahan yang kekurangan nutrisi, atau bahkan dalam dalam cuaca yang sangat ekstrem sekalipun.

Setelah melewati padang cantigi, pendaki akan tiba di puncak Gunung Gede. Lingkaran kawah yang maha luas dengan asap belerang yang masih aktif, menjadi pemandangan yang menakjubkan.

Menapaki Gunung Gede merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Selain bisa menyaksikan keindaham alam hutan hujan tropis Indonesia, aktivitas mendaki gunung diyakini bisa melatih seseorang untuk berjiwa mandiri.

Namun demikian, diperlukan persiapan fisik dan mental secara khusus, agar tetap fit dan selalu menjaga kelestarian hutan dengan tidak membuang sampah sembarangan. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pesona Gunung Gede Pangrango Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/