Friday, March 22, 2013

Situs Sejarah Manusia 3 Zaman di temukan

1 lagi tempat wisata budaya bertambah


Sebuah situs peninggalan sejarah peradaban manusia tiga zaman ditemukan di Ponorogo, Jawa Timur, baru-baru ini. Di sana, terdapat ukiran hufur palawa atau bahasa Jawa kuno di berbagai gundukan batu. Tulisan Barada dan Darmawangsa itu biasa dikenal sebagai simbol Hindu kuno pada tahun 500 Saka.

Masih di lokasi yang sama, terdapat sejumlah prasasti bertuliskan Bandarangin, sebuah kerajaan Hindu di Ponorogo pada masa sebelum masuknya Islam. Tak hanya itu, ditemukan pula punden berundak dan relif di bebatuan yang diketahui digunakan manusia purba. Yang mengejutkan, fosil tulang, kuku, gigi, beserta hewan laut yang membatu juga berserakan di sana.

Seorang arkeolog, Antok Kartiko mengatakan punden berundak itu berasal pada masa animisme dan dinamisme atau pemujaan pada roh dan benda-benda besar. "Saya perkirakan fosil ini adalah fosil Megantropus Erectus sekitar sepuluh hingga 20 ribu tahun silam," katanya.

Sementara itu Aryo Putra, sejarawan, menyayangkan kondisi situs yang kurang terawat. Selama ini masyarakat sekitar hanya sekedar membersihkan lokasi secara sukarela. Hingga Selasa (12/4), pemerintah setempat belum memberikan respon apapun terhadap lokasi bersejarah itu.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Situs Sejarah Manusia 3 Zaman di temukan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad