Wisata Alam memang menarik sekali untuk di kunjungi, apalagi bagi anda warga kota seperti Jakarta, tentu wisata alam harus anda jadikan tujuan libuar untuk menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran. Dan di Bogor anda bisa menemukan banyak tempat wisata dengan bermacam-macam keindahan pesonanya, dan berikut adalah 7 wisata alam menarik yang harus kunjungi saat berada di Bogor.
1.Puncak Pass
Wisata alam yang satu ini memang sudah tidakperlu dipertanyakan lagi keindahannya, Puncak pass merupakan tempat favorit wisata alam di kota Bogor, keindahan alamnya sudah tidak perlu ragukan lagi, sejuk dan menyegarkan pikiran udara sejuknya.  Puncak pass menjadi idola bagi wisatawan domestik atau mancanegara.  Keindahan alam yang ditawarkan di puncak ini mulai dari terbitnya matahari sampai terbitnya matahari lg, y malam pun sangat menyenangkan diatas puncak ini, dinginnya udara sangat cocok bagi anda yang ingin berduaan dengan pasangan, ataupun bagi anda yang datang sekelurga malam di puncak tentu sangat menyenangkan , dinginnya malam dilewati dengan berbagai macam minuman hangat, sambil bercanda taman bersama keluarga.
Bagi anda yang suka bermain camera, puncak pass adalah tempat   yang pas untuk menguji keahlian photographer anda, y saat pagi samapai siang pemandangan alam sejauh mata memandang bisa anda jadikan oobjek berfoto yang sangat menawan, hiajunya kebun teh, area persawahan dab hutan yang hijau alami sangat menarik untuk dipotret. Selain itu yang bisa anda dapatkan di puncak ini adalah sun rise dan sunsetnya yang menawan untuk dijadikan objek difoto, y matahari terbit dan terbenan memang sangat menarik difoto,  apalagi lebih spesial dengan keindahan alam sekitar yang semakin mempercantik, dipuncak  pass ini menikmati matahari terbit sudah menjadi hal yang harus dilakukan saat berwisata di  puncak ini, keahlian anda akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa anda lupakan.
2.Kawah Ratu
Bagi anda yang  suka berpetualang di alam, wisata alam yang satu ini mungkin bisa anda jadikan petualang alam yang menyenangkan bagi anda, y “ kawah ratu” yang masih berada di kawasan wisata alam gunung salak endah ini dan  terletak di kecamatan pamijah, kabupaten Bogor, Jawa Barat ini menawarkan kepada anda  sebauh sensai, tantangan dan petualangan bagi anda, dengan keindahan alam yang mempesona memanjakan mata. Berada diketinggian 1.338 m dpl selain keistimewaan kawahnya tempat ini juga menawarkan keindahan alam sekitar dan pastinya udara sejuk khas pegunungan. Sejauh mata memandang anda akan melihat panorama alam, stres dan penat dalam bekerja akan sedikit terlupakan, pikiran akan menjadi fresh tentunya.
Mulai menikmati keindahan dan pesona alami kawah ratu, tentunya yang paling menarik dari kawah ratu ini adalah aktivitas geologinya , setiap hari kawah ratu ini mengeluarkan gas asam sulfida ( H2S) dengan bau khasnya yang menyengat, pemandangan fenomena alam ini menyenangkan juga untuk diabadikan dengan berfoto – foto ria. Tersedia  bagi anda yang ingin menikmati sensasi mandi hangat asam sulfida jangan kuwatir , dikawasan kawah ratu ini terdapat Sungai yang airnya hangat pas dibadan, y sungai ini menjadi salah satu daya pikat dari wisata kawah ratu ini, air sungainya bisa anda gunakan untuk berendam, tentu ini sangat menyenangkan dan pastinya sensasi akan anda dapatkan, apalagi diyakini air sungai yang mengandung asam sulfida ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, jadi bagi anda harus mencoba rasakan sensasinya.

3. Argo Wisata Gunung Mas
Mendekatkan diri dengan alam tentu sangat menyenangkan, apalagi bagi anda yang penat dengan kehidupan kota, tentu berwisata alam sangat di rekomendasikan untuk memulihkan pikiran menjadi segar, dan bagi anda yang ingin berwisata alam  terutama puncak ,Bogor adalah surganya dan salah satu yang bisa anda kunjungi adalah “ Kebun The Gunung Mas” yang terletak di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Berada pada ketinggian 800- 1200 m dpl dan mempunyai suhu  rata 18-22 derajat celcius tempat ini mempunyai kesejukan keindahan alam yang bisa membuat pikiran kembali segar dengan berbagai kegiatan yang bisa anda lakukan didalamnya, pastinya anda akan lebih dekat dengan alam. Mempunyai jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta hanya 80 km yang bisa ditempuh sekitar 1,5- 2 jam perjalanan saja, tempat ini bisa anda jadikan alternatif untuk liburan bersama keluarga dan menjadi tempat tinggal sementara untuk meninggalkan kehidupan kota.
Di Gunung mas ini anda bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai cara, dengan fasilitas yang disediakan seperti berkuda dan paralayang.  Yang pertama berkuda, anda akan diajak berkeliling melihat hijaunya kebun teh dengan sensai berkuda yang menyenangkan dengan dipandu guide yang sudah profesional dibidangnya, dengan rute yang sudah digunakan, mengelilingi kebun teh dengan berkuda harus anda rasakan sensainya. Selanjuta paralayang, yang satu ini menikmati keindahan gunung mas dengan view dari atas, anda bisa melihat hamparan kebun teh hijau yang bisa memanjakan mata anda, sejauh mata memandang, anda akan terpuasakan dengan keindahan alam gunung mas yang mempesona.

4. Lembah Mandalawangi
Jika anda benar pecinta alam, wisata alam yang satu ini jangan sampai anda lewatkan, tantangan dalam medan perjalanan akan ditantang, kepuasan keindahan alam akan anda dapatkan. Y “Lembah Madalawangi” yang berada di puncak gunung pangrango, gunung pangrango sendiri terletak di tiga kabupaten yaitu kabupaten cianjur, kabupaten bogor, dan kabupaten sukabumi, Jawa Barat.  cukup memakan waktu yang lama untuk mendaki ke puncak gunung pangrango, sekitar 7 jam pendakian, anda harus benar- benar menyiapkan fisik yang prima untuk mendaki sampai tujuan.  Namun jangan kuwatir , perjalanan anda yang  melelahkan akan terbayar lunas dengan keindahan yang akan anda dapatkan di Lembah Mandalawangi, pesona alam dataran tinggi yang menawan, menjadikan pemandangan yang tidak akan pernah anda lupakan.
Sampai di atas puncak gunung pangrango anda aka disambut dengan bentangan keindahan alam sejauh mata memandang, bentangan lautan awan akan memanjakan mata anda.  Disini yang bisa anda rasakan hanyalah kenyamanan  dan keindahanan, tak ada keramaian jauh dari kehidupan kota yang bising. Anda akan benar- benar merasakan menyatu dengan alam di puncak ini. yang paling menarik di lembah mandalawangi anda bisa menemukan bungan yang fenomenal” bunga abadi ( edelweis)”, y bunga yang hanya tidak bisa anda temukan disembarang tempat ini bisa anda temukan di puncak pangrango, keindahan bunga abadi akan menjadi sesuatu yang harus anda abadikan dengan berfoto, keindahan bunga ini sangat menawan memanjakan mata, warnanya putih dan pastinya kelangkaan ini bisa menjadi keindahan yang bisa anda ceritakan.
5.  Gunung Bunder
Berakhir pekan dan berwisata alam tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan bagi anda yang ingin menyegarkan pikiran setelah bekerja menghabiskan pikiran dalam sehari- hari. Salah satu tempat yang harus coba keindahan alamnya adalah “ Gunung Bunder” yang terletak di . mempunyai ketinggian 800 m dpl, tempat ini menawarkan panorama alam dan udara sejuk jauh dari polusi, sejauh mata memandang anda akan melihat  pegunungan dan area persawahan yang menghijau subur. Disini bagi anda yang ingin berkemah disediakan bagi anda area perkemahan dengan kapasitas 30  unit ( 400 orang ), bagi anda  mahasiswa dan pelajar, berkemah dan menyatu dengan alam di gunung bunder ini akan menambah spesial makrab anda. Saat malam keistimewaan akan anda dapatkan, udara yang dingin semakin indah dengan pesona keindahan kota bogor yang terlihat dari puncak, gemerlap warna- warni lampu akan memanjakan mata anda, menyenangkan pastinya  dan menjadi suasan romantis bagi anda dan pasangan.
Yang lebih spesial lagi di anda bisa menemukan 4 curug ( air terjun ) , dengan berbagai keunikan dan variasi tingginya. Yang pertama Curug Cihurang,  air terjun yang berjarak sekitar 150 meter dari pintu gerbang curug cihurang ini tidak terlalu tinggi, namun pesonanya akan memanjakan anda, meski tidak terlalu tinggi air terjun yang satu ini mempunyai aliran yang deras dan terdapat kolam dibawahnya, anda bisa menikmati kesegaranya, hanya sekedar membasahi muka atau mandi dibawah air terjun, segar dan seperti dipijat- pijat. Saat masuk ke curug cihurang ini dikenakan biaya retrebusi sekitar Rp.2.500/ orang.

6. Curug Cilember
Berada di kawasan Puncak Bogor yang  terkenal dengan keindahan alamnya, curug yang satu ini bisa memanjakan mata anda dengan pesona alamnya, udara yang sejuk dan kealamian yang masih terjaga,  semua itu ditawarkan dalam satu tempat wisata “ Curug Cilember” yang terletak di Desa Jongjongan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. mempunyai ketinggian 700 m dpl, kawasan wisata ini mempunyai udara yang sejuk dna pastinya menyegarkan pikiran. Curug cilember juga disebut sebagai curug 7 cilember, karena disini anda  bisa menemukan 7 curug dengan ketinggian dan keindahan yang berbeda. Selain keindahan curugnya disini anda juga bisa menemukan pesona alam lainnya, anda bisa menemukan 12  species satwa kupu- kupu yang berada dalam satu tempat penangkaran. Petualangan anda di kawasan air terjun ini pastinya akan terpuaskan dengan berbagai tanaman serta pepohonan hutan tropis yang menemani perjalanan anda melewati jalan setapak.
Mulai menikmati keindahan curug cilember, di curug cilember  yang menjadi primadona adalah curug ke-7 dan curug ke- 5, y curug ke-7 merupakan curug yang letaknya paling dekat dengan pintu masuk, akses untuk menuju tempat ini juga sangat mudah ditempuh,  mempunyai 2 limpahan air curug ini mempunyai kolam dibawahnya yang bisa anda buat untuk mandi dan berenang, curug  ini juga sangat cantik untuk anda jadikan background berfoto, tak jarang air terjun yang satu ini dijadikan tempat untuk berfoto prewedding bagi pasangan pengantin, tentu keindahanya tidak perlu diragukan lagi.
Untuk curug ke- 5 dikelilingi dengan berbagai macam tumbuhan dan pepohonan yang hijau dan menjulang tinggi,  curug ini akan terasa kealamiannya, selain itu keindahannya juga terdapat pada curahan airnya yang terbelah dari tingkatan curug, memanjakan mata ,mengalir derasa diatas bebatuan , kepuasan alam akan anda rasakan disini. Sedangkan untuk curug ke-6, ke-4, ke-3 , ke -2 dan ke-1  belum adanya akses jalan yang bagus untuk menuju kelima curug tersebut, namun bagi anda yang suka berpetualang jalan tentu tidak menjadi masalah. Untuk menuju curug pertama dibutuhkan waktu yang sangat lama sekitar 2 s/d 3 jam perjalanan, dan disarankan menggunakan pemandu yang sudah hafal lokasi.

7. Perkebunan Teh Cianten
Alam memang sangat menyenangkan untuk dijelajahi dna dinikmati keindahan, dan Bogor sendiri merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak wisata alam didalamnya, dengan segala keindahan yang dimiliki, dan salah satunya adalah “ Perkebunan Teh Cianten” yang terletak di Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.  Perkebunan teh ini bisa anda tempuh dari Jakarta melewati jalan tol Jagorawi, selanjutnya setelah keluar di pintu tol Barangsiang Bogor anda bisa mengambil jalan ke arah kampus IPB Dramaga, kemudian anda bisa melanjutkan ke perkebunan teh cianten yang berjarak 25 km dari kecamatan Leuwiliang. Perkebunan teh yang satu ini jauh dari perkampung dengan jarak sekitar 7 km dari perkampunga terdekat yaitu kp. Tanjungsari. Keindahan dan kesejukan kebun teh semakin istimewa dengan kealamian alam sekitar hutan lindung yang mengelilingi kebun teh Cianten, menjadikan tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan dan mendekatkan diri dengan alam bersama keluarga tercinta.
Berada diketinggian 800- 1000 m dpl tempat ini mempunyai udara yang sejuk dan nyaman jauh dari polusi. Disini anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan mulai dari bersepeda, memanjakan diri dengan pemandian air panas dan menikmati pesona curug ( air terjun). Mulai dari yang pertama menjelajahi kebun teh ciateng dengan bersepeda, sangat menyenangkan dan menyehatkan, dengan pasangan ataupun dengan keluarga kegiatan bersepeda di tempat ini harus anda coba, sambil mengayuh sepeda anda akan ditemani dengan berbagai macam kicauan burung dan udara yang sejuk, selain itu anda bisa melihat secara langsung proses  pemetikan daun teh, tentu ini sangat menyenangkan, berjalan kaki pun juga bisa anda jadikan pilihan , untuk anda yang ingin santai dan menghirup udara segar.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.
Kami nantikan tautan tautan sobat & sobit seputar Indahnya Alam Indonesia di www.plh.selayar@gmail.com
kirimkan artikel sobat, so kami akan posting masuk ke blogger kita ini, oke sob???