Friday, March 22, 2013

Hutan Hujan Tropis di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur


Landscape Hutan Tropis Kalimantan, Pemandangan dari Canopy Bridge
Bukit Bangkirai adalah nama salah satu lokasi wisata di Kabupaten Kutai Kertanegara  di Kalimantan Timur, Indonesia. Dimana lokasi wisata ini menyuguhkan keindahan alam Hutan Tropis dan Canopy Bridge (Jembatan Tajuk). Jembatan Tajk yang ada di Kalimantan Timur ini adalah jembatan tajuk yang pertama kali di bangun di Indonesia pada tahun 1998 dan diperkirakan bisa bertahan hingga 15-20 tahun .
Kawasan bukit bangkirai merupakan Kawasan Hutan Konservasi yang luasnya sekitar 1500 Ha, dan pada tahun 1998  510 Ha  dari luas kawasan tersebut telah diresmikan sebagai kawasan wisata. Keunikan wisata di Bukit Bangkirai adalah Canopy Bridge atau Jembatan Tajuk. Canopy Bridge memiliki total panjang sekitar 64 meter.  Terdapat 4 jembatan yang saling terhubung. Namun, kondisi saat ini ada satu jembatan panjang yang mengalami kerusakan dan tidak diperkenankan untuk dinaikin, sebelum dilakukan perbaikan.
canopy bridge di bukit bangkirai
Tangga Naik menuju Canopy Bridge
Canopy Bridge Terlihat dari bawah
Cottage di Bukit Bangkirai
Kawasan wisata bukit bangkirai, memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat beberapa cottage untuk menginap yang telah dilengkapi listrik dan ada juga yang belum dilengkapi listrik (jika pengunjung benar2 ingin merasakan hidup di alam). Selain cottage, ada juga fasilitas lainnya seperti Lamin tempat pertemuan, Kolam renang, restaurant dan lapangan hijau kecil untuk kegiatan outdoor.
Untuk bisa menuju canopy bridge, kita  bisa berjalan melalui Trek yang sudah tersedia. Trek Pertama kita akan melalui jalan setapak kecil di dalam hutan sejauh 150 meter, dan kita sudah bisa menikmati aroma lembab Hutan Hujan Tropis Kalimantan , suara satwa dan pepohonan besar Dipterocarpaceae yang sebagian sudah di beri nama. Sehingga kita bisa dengan mudah mengetahui jenis pohon tersebut. Untuk Lanjut Trek kedua kita akan berjalan di jalan setapak di dalam hutan hujan tropis sejauh 300 meter, Takkan pernah kita merasa bosan berada didalam hutan dengan keunikan serta  keanekaragaman pohon dan satwa yang tersuguh didalamnya.
Trek II di Bukit Bangkirai
Sesampainya di canopy bridge, dan mengatur napas setelah melalui jalan setapak dan rintangan alam. Kita bisa menaiki tangga untuk bisa menyebrangi jembatan. Tangga yang akan dinaiki memiliki tinggi sekitar 30 meter. Buat kawan yang takut ketinggian, sebaiknya pada saat menaiki tangga tidak perlu melihat kebawah agar bisa berhasil sampai di puncak :) . Kemudian setelah sampai di puncak tangga tertinggi, cuma bisa bilang “subhanallah”  indah sekali.
Landscape Hutan Tropis di Bukit Bangkirai
Suguhan Hutan Hujan Tropis, beraneka jenis dari Dipterocarpaceae dan pohon buah hutan tersaji indah. Dimana beraneka warna dan bentuk tajuk saling menyatu dan terlihat burung rangkong sedang bertengger di dahan pohon yang kering, Burung srigunting (Dicrurus paradiseus) yang memamerkan ekornya yang indah,  lutung merah bergelantungan kesana kemari berpindah dari satu pohon ke pohon yang lain, suara Owa yang tak henti – hentinya mengeluarkan nyanyian merdu ditambah dengan kicau suara burung yang menyempurnakan keindahan hutan Alam di Bumi Kalimantan.
Salah satu jenis rangkong sedang Bertengger di Atas pohon kering ( Julang Emas – Aceros undulatus)
Lutung merah (Presbytis rubicunda)
Pohon Meranti yang sedang berbunga
Burung Aceros Undulatus yang sedang terbang bersamaan di pagi hari
Pemandangan Tajuk Pohon terlihat dari atas Canopy Bridge
Kaki Seribu
Draco, sp.
Jamur yang banyak di datangi serangga
Katak yang beraksi di malam hari
Kelelawar
Kodok Imut berukuran sekitar 1 cm
Dicrurus paradiseus
Dicrurus paradiseus
Passer montanus di jepret di sekitaran cottage
Reski Udayanti
Kunjungi http://adinandra.lingkungan.org
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hutan Hujan Tropis di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad