Sunday, August 11, 2013

Berlibur di Sungai Bawah Tanah Gua Pindul

Pintu keluar Gua Pindul
WISATA ALAM - Bagi Anda yang menghabiskan libur Lebaran ke Gunungkidul, mampirlah ke Gua Pindul. Di dalam gua tersebut ada sungai bawah tanah yang mengalir panjang. Suasana yang gelap dan mendebarkan bakal terasa, sekaligus rasa takjub akan keindahan guanya.

Gua Pindul berada di Desa Wisata Bejiharjo, Gunungkidul, DI Yogyakarta atau berjarak sekitar 2,5 jam dari pusat kota Yogya. Di sana wisatawan bisa menikmati keindahahan alam, khususnya susur sungai di dalam Gua Pindul dan sungai yang memerlukan peralatan yang khusus dan prosedur keamanan yang tinggi. Kegiatan itu disebut juga cave tubing.

Di sana kita bisa menyusuri gua yang terbentuk di bawah tanah oleh aliran Sungai Oyo. Gua sepanjang 300 meter itu menyajikan ukiran-ukiran dari air berupa stalaktit dan stalakmit yang masih aktif sampai sekarang.

Di dalam Gua Pindul terdapat 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi. Selepas kita keluar dari mulut gua, tebing setinggi 7 meter sangat menantang untuk kita bisa melompat ke SUngai Oyo itu.

Untuk menyusuri Gua Pindul, kita hanya memerlukan ban dan pelampung yang sudah disediakan oleh pengelola wirawisata Goa Pindul. Sebelumnya, kita harus melapor ke sekretariat Wirawisata Gua Pindul untuk mendapat pemandu yang akan menuntun kita selama berada di dalam gua, maupun saat menyusuri Sungai Oyo yang panjangnya 1,5 km.

Rasakan petualangan mendebarkan menelusuri sungai bawah tanah di Gua Pindul. Badan Anda akan basah dan terombang-ambing di atas air. Tapi jangan kedipkan mata, karena banyak pemandangan eksotis di dalam gua.

Pintu masuk Gua

Sungai Oyo sepanjang 1,5 km


Sungai Oyo
Beautifil place

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Berlibur di Sungai Bawah Tanah Gua Pindul Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad