Sunday, August 11, 2013

Mengenal Obyek Wisata di Pulau Bintang Kepulauan Riau

Salam kenal plh Indonesia; salam kenal dari kami http://oleholehtanjungpinang.wordpress.com; lewat postingan ini kami ingin memberikan informasi tentang Wisata di Pulau Bintang. oh Iya 
berikut tentang Pulau Bintang 
Pulau Bintan adalah pulau di provinsi Kepulauan Riau, di mana terdapat Kota TanjungpinangIbu kota Provinsi Kepulauan Riau. Di Pulau ini memiliki tiga Pemerintahan, Pemerintah Kota Tanjungpinang yang terletak di Senggarang, Pemerintah Kabupaten Bintanterletak di Bandar Seri Bintan, serta Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak (Tanjungpinang). Pulau ini berdekatan dengan negara Singapura.
Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau, yang terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil, terbentang di sebrang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjungpinang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai barat selatan Bintan. Secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau, dahulu pada abad pertama masehi, merupakan tempat favorit bagi kapal dagang India dan Cina.
Tujuan wisata teratas di sini adalah Bintan Resor, destinasi wisata berupa pantai yang spektakuler di utara pulau, dengan luas 23,000 hektar diatas pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini juga memiliki riwayat yang menarik di Tanjungpinang dan Penyengat, yang menawarkan kesempatan untuk surfing, bertualang dan ekowisata untuk pelajar dan keluarga, tapi juga ideal untuk bersantai dan kesehatan.
Sementara, bagi mereka yang suka menyelam kepulauan Anambas di Laut Cina Selatan menawarkan lokasi menyelam yang masih alami, dapat dijangkau dari bandara Tanjungpinang. Sedangkan, kepulauan Natuna dapat dijangkau dari Batam.
Tidak heran lagi, pada abad ke-18, pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris saling bertarung memperebutkan pulau ini. Pada waktu itu, pulau ini bagian dari Semenanjung Melayu dikuasai oleh Kesultanan Johor-Riau, yang diduduki secara berganti antara Johor – berada di Malaysia saat ini - dan pulau Bintan, berada di Indonesia saat ini.
Pada 1884 Inggris dan Belanda menutup pertentangan mereka di pulau ini dengan menandatangani Treaty of London, yang kemudian semua wilayah teritoris utara Singapura diberikan pada Inggris, sementara wilayah teritoris selatan Singapura diserahkan pada Belanda.
Sejak saat itu takdir dan sejarah wilayah utara dan selatan Singapura dipisahkan. Singapura menjadi pusat perkembangan dagang Inggris, sedangkan Belanda berkonsentrasi di Jakarta dan Jawa, meninggalkan kepulauan Bintan.
Dalam beberapa dekade, dengan hubungan bersahabat antara Indonesia dan Singapura, sebuah persetujuan ditanda tangani antara kedua belah pihak untuk membangun kepulauan Bintan secara bersama-sama yang akan menguntungkan kedua negara dalam Zona Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun.
Bentuk pertama dari perjanjian ini adalah pembangunan Bintan Resor, destinasi wisata pantai, seluas 23,000 hektar diatas pasir putih Bintan nan indah yang menghadap Laut Cina Selatan.
Ada Beberapa daya tarik  Wisata Pulau Bintan dan Kota Tanjungpinang
1. Pantai Trikora
Ini objek wisata yang paling sering dikunjungi…yang gratis tanpa bayar masuknya….jadi semacam ICON Pulau Bintan. Kalau ke Tanjungpinang harus ke Trikora
2.Pantai Sakera
Pantai Sakera buat kamu yang hobi main kano, nih tempat pas banget dengan airnya yang lumayan dangkal tapi tetap seru….
3. Pantai Lagoi
Ini dia dewanya pantai KEPRI, pusat hotel bintang 5, dan kata salah satu mantan Presiden yakini bapak Habibi , Lagoi lebih indah dari Bali…ya iyalah, untuk masuk ke pantai ini saja kita butuh koneksi karena hanya diperuntukkan bagi wisatawan mancanegara saja. Sangat safety karena pintu masuk dan keluar hanya 1 Gate saja
4. Air terjun gunung Bintan
Buat yang suka hiking dan tantangan, dan ingin memanjakan mata dengan pemandangan 7 tingkat air terjunnya silakan kunjungi tempat ini, selain itu di sini juga banyak kebun cempedak jadi kalo lagi musim cempedak bisa sekalian manjain perut deh…heeh
Sebenarnya masih banyak lagi pantai yang lain,,, masih ada pantai dikawasan Agro resort, Kalang Batang,dan sebagainya….cuma yang paparkan yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar
5. Mesij Sultan Pulau Penyengat
Namanya Masjid Raya Sultan Riau. Orang biasa memanggilnya dengan Masjid Pulau Penyengat. Ada juga yang menyebut Masjid Putih Telur. Nama Penyengat karena lokasi masjid tersebut memang berada di sebuah pulau kecil di Riau, pulau Penyengat.
Menuju lokasi masjid ini cukup mudah dan menarik. Dari Batam, perjalanan dilakukan dengan menaiki kapal penyeberangan feri menuju Tanjungpinang. Lama perjalanan sekitar satu jam.
Dari Tanjungpinang, perjalanan diteruskan dengan menaiki perahu kecil yang bernama Pompong menuju pulau Penyengat. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan laut kepulauan Riau.
Sekitar lima belas menit, kubah masjid Penyengat mulai terlihat jelas. Suatu pemandangan yang memadukan antara keindahan alam dengan ketinggian religiusitas lingkungan sekitar. Akhirnya, tampaklah masjid itu dengan utuh.
Warna kuning tampak dominan. Ada 13 kubah di masjid itu yang susunannya bervariasi. Ditambah dengan empat menara yang masing-masing memiliki ketinggian sekitar 19 meter, dan bubung yang dimiliki masjid tersebut sebanyak 17 buah. Angka ini diartikan sebagai jumlah rakaat shalat.
Masjid yang tercatat dalam sejarah sebagai merupakan satu-satunya peninggalan Kerajaan Riau-Lingga yang masih ada ini berukuran sekitar 54 x 32 meter. Ukuran bangunan induknya sekitar 29 x 19 meter.
Nah kalau wisata Kuliner Tanjungpinang selalu bisa menyediakan berbagai hidangan istimewa, apalagi kalau yang namanya seafood,,,
mulai dari gonggong, udang,kepiting,sotong,dan berbagai jenis makanan laut lainnya bisa kita jumpai disini dengan harga yang gak bakal buat kocek kalian kanker…
1. Otak-otak
Otak-otak Tanjungpinang/Bintan beda ngan otak-otak Jakartadi Jawa.Semua orang kalau udah makan ini pasti suka…Siapa saja yang pulang dari Tanjungpinang selalu akan membawa Otak-otak sebagai oleh-oleh. Otak-otak ini terbuat dari daging ikan/sotong yang dihaluskan di campur dengan bumbu khasnya,di bungkus dengan daun kelapa, dan dipanggang agar mateng,,,
2. Mie Lendir
Namanya kurang keren tapi rasanya keren. Mie lendir ini adalah mie dengan kuah kacang tanah yang dihaluskan,mirip seperti kuah sate tapi berbeda rasanya…nih makanan tiap saya pulkam jadi menu spesial sarapan tiap pagi, soalnya ini salah satu makanan favorit warga Tanjungpinang. Yang paling Top Markotop Mi Lendir Jalan Bintan. coba rasakan…wow sampai menjilat jari. Mi ini mirip dengan Mi Medan
3. Siput gonggong
Kalau restoran seafood gak ada nih menu,,,berarti bukan restoran seafood sejati, karena dari sekian banyak seafood, gonggong adalah makanan kelas berad dan harganya pun bisa lebih mahal dari 1 ekor kepiting lunak….
4.Lakse ( mie sagu dengan kuah kari )
Lakse ini ada 2 pilihan, lakse goreng dan lakse kuah, sebagian besar orang banyak yang gak pandai makanan jenis ini, tapi ntah kenapa nih makanan pas saja di lidah saya, dan sampai detik ini belum ada lakse yang seenak buatan (alm) nenek saya (termasuk buatan mama saya)… makanan yang paling saya rindukan kelezatannya, semenjak nenek gak ada, saya gak pernah makan makanan ini lagi. agak sulit untuk di jumpai, mungkin lebih banyak di daerah Pulau Penyengat….
Masih banyak juga makanan enak yang lain nya tapi menurutku ini yang paling spesial dan pembuatannya pun masih tradisional, ada 1 kueh yang enak banget, kalo saya ke pulau Penyengat bisa sampai 10 kotak saya beli, namanya kue deram-deram, terbuat dari tepung beras dan gula merah, bentuknya mirip donat, dan rasanya pun manis bange.
Sedikit gambaran saya tentang Tanjungpinang, sebenarnya masih banyak lagi hal yang mengagumkan di sini,, kalo penasaran,,silakan kunjungi lansung ^-^
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengenal Obyek Wisata di Pulau Bintang Kepulauan Riau Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad