Tuesday, September 3, 2013

Tanam 68.000 Pohon Mangrove, Bukti Kepedulian Lingkungan


BERITA PLH - Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Karimun tengah gencar melestarikan tanaman pohon mangrove (pohon bakau), dengan jumlah yang akan ditanam secara keseluruhan mencapai 68.000 pohon. Demikian dikatakan Kepala Distanhut Kabupaten Karimun, H Amran Syahidid.
Baru-baru ini kata Amran, pihaknya telah menanam 6000 pohon mangrove di Tanjungbatu Kecil Kecamatan Buru, diikuti oleh berbagai instansi seperti Camat, Sekcam, Kades, Koperasi Wana Jaya (salah satu koperasi melestarikan mangrove) dan masyarakat setempat.

"Senin kemarin (2/9) kita baru saja menanam 6000 pohon mangrove di Tanjungbatu Kecil Kecamatan Buru. Ini dalam rangka melestarikan hutan mangrove di wilayah Kabupaten Karimun," ucap Amran, Selasa (3/9).

Dari 68.000 total pohon mangrove yang akan ditanam menurut Amran, akan mencakup diseluruh wilayah hutan mangrove yang ada di Kabupaten Karimun. Dengan luas keseluruhan mencapai 9000 hektare dan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten.

Saat ini kata Amran, sudah 24.000 pohon mangrove ditanam di beberapa Kecamatan seperti beberapa titik di Kecmatan Moro mencapai lebih kurang 6000 pohon, wilayah Kecamatan Kundur sekitar 5000 pohon dan terakhir kemarin di Kecamatan Buru tepatnya di Tanjungbatu Kecil sebanyak 6000 pohon. Sisanya tersebar di Kecamatan Durai yang mencakup beberapa pulau sekitarnya.

Dalam kegiatan pelestarian hutan manrove tersebut, Amran memberikan tanggungjawab kepada para anggota atau pengurus koperasi yang bergerak dibidang mangrove di masing-masing Kecamatan. Sehingga dapat terhindar dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggungjawab.(hk/gan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tanam 68.000 Pohon Mangrove, Bukti Kepedulian Lingkungan Rating: 5 Reviewed By: Awaluddin Ahmad