Tuesday, November 18, 2014

Wisata Kampung Citalahab - Bogor

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor
Kampung Citalahab merupakan kampung yang berada di ujung timur Kabupaten Bogor.  Secara administratif wilayahnya berada di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa barat. Kampung ini berada diantara perbatasan perkebunan teh Nirmala dan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.  Sebagian besar penduduk kampung Citalahab bermata pencaharian sebagai karyawan perkebunan teh.  Di sela waktunya penduduk Citalahab juga mengelola lahan pertanian berupa sawah dan ladang.

Sebagai alternatif ekonomi, masyarakat Citalahab memanfaatkan keindahan dan kelestarian Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dengan mengelola kegiatan wisata. Pengelolaan kegiatan dilakukan dengan cara berkelompok, yang disebut dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM Warga Saluyu). Hasil dari pengelolaan kegiatan wisata sebanyak 30% dialokasikan untuk kepentingan sosial, pendidikan dan keamanan dan ketertiban, yang selanjutnya dikelola oleh pemerintah desa.

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor
Fasilitas kampung merupakan aset kelompok yang kemudian dikelola menjadi sarana akomodasi (homestay) bagi pengunjung.  Pengelola menyediakan kegiatan wisata berupa atraksi alam dan atraksi kegiatan sehari-hari masyarakat kampung dalam bekerja sebagai karyawan perkebunan teh, dan pengelolaan lahan pertanian.

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor

Lokasi : Kampung Citalahab - Bogor

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Wisata Kampung Citalahab - Bogor Rating: 5 Reviewed By: http://awalinfo.blogspot.com/